Turki Perbaiki Sekolah yang Dirusak Milisi YPG di Suriah

Ankara, MINA – Turki akan memperbaiki sekolah-sekolah yang dirusak oleh kelompok Unit Perlindungan Rakyat (YPG) yang berafiliasi dengan Partai Pekrja Kurdistan (PKK) di Suriah utara, kata Kementerian Pertahanan Turki, Rabu (13/11).

“Prajurit heroik kami, bersama-sama dengan lembaga pemerintah kami, melanjutkan upaya dalam mengevaluasi dan mengidentifikasi perbaikan yang diperlukan untuk sekolah-sekolah lokal yang dihancurkan oleh di daerah Peace Spring Operation,” kata Kementerian dalam rilisnya di Twitter.

Kementerian Pertahanan Turki juga berbagi foto sekolah yang rusak. Demikian Daily Sabah melaporkan yang dikutip MINA.

Turki pada 9 Oktober lalu melancarkan Operation Peace Spring untuk melenyapkan /PKK dari Suriah utara di sebelah timur Sungai Eufrat untuk mengamankan perbatasan Turki. Operasi itu juga membantu proses pengembalian yang aman bagi para pengungsi Suriah, dan memastikan integritas wilayah Suriah.

Pada 17 Oktober, Amerika Serikat dan Turki mencapai kesepakatan untuk menghentikan sementara operasi untuk memungkinkan penarikan pasukan teroris YPG/PKK dari zona aman yang direncanakan, tempat Ankara ingin memulangkan jutaan pengungsi Suriah yang saat ini mereka tampung.

Pada 22 Oktober, Turki mencapai kesepakatan terpisah dengan Rusia untuk memaksa teroris YPG/PKK untuk mundur dari zona bebas teror yang direncanakan.

Turki mengeluhkan terlepas dari kesepakatan itu, para teroris masih dan terus melakukan serangan.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK-yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS, dan Uni Eropa-bertanggung jawab atas kematian 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak, dan bayi. (T/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)