Turki Tawarkan Beasiswa Penuh bagi 500 Ribu Pelajar Mancanegara

Ankara, MINA – Turki menawarkan beasiswa dalam jumlah besar bagi pelajar mancanegara yang ingin mengasah ilmu di negara yang terletak di persimpangan tiga benua tersebut.

Menurut laporan Anadolu Agency (AA), Selasa (5/2), Turki mengumumkan akan memberikan beasiswa bagi sekitar 500 ribu pelajar dari berbagai negara.

Di bawah program Turkiye Burslari (Beasiswa Turki), sekitar lima ribu siswa dari seluruh dunia diterima setiap tahun untuk melanjutkan studi sarjana, Master dan PhD di universitas-universitas Turki dengan beasiswa yang didanai penuh.

Menurut Dewan Pendidikan Tinggi Turki, sekitar 115 ribu pelajar asing saat ini belajar di universitas-universitas Turki. Sehingga, menempatkan negara tersebut di antara 10 negara tuan rumah terbaik bagi pelajar internasional.

Selain beasiswa dan pendidikan bertaraf internasional, pelajar memilih Turki karena kehidupan sosialnya yang dinamis, masyarakat multikultural dan latar belakang sejarah yang panjang dan beragam.

Faiz bin Ali, salah seorang pelajar asal Malaysia lulusan Istanbul Commerce University, mengatakan kepada Anadolu Agency (AA) alasannya memilih belajar di Turki. Menurutnya, negara tersebut adalah pusat perdagangan dan memiliki budaya yang menakjubkan. (T/Sj/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)