Turki Tuan Rumah KTT Halal Dunia dan Pameran Halal OKI

Istanbul, MINA – menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Dunia Istanbul (The World Halal Summit Istanbul/WHSI) dan Pameran Halal Organisasi Kerjasama Islam () ke-5 ayang kan dimulai di Istanbul pada 23-25 November 2017 mendatang.

Sebanyak 57 menteri dan perwakilan negara akan bergabung dalam pertemuan puncak dan konferensi tersebut yang digelar di Lutfi Kirdar International Convention and Exhibition Center.

Lebih dari 7.500 orang dan 150 perusahaan, institusi dan organisasi terkemuka, yang aktif dalam makanan halal, wisata syariah, keuangan syariah, kimia, kosmetik, obat-obatan dan farmasi halal, dari lebih 80 negara diharapkan hadir.

Kepala negara dari beberapa negara termasuk Somalia, Pakistan dan Malaysia serta perwakilan dari beberapa organisasi internasional seperti OKI, Islamic Development Bank dan Akademi Fiqih Islam Internasional diprediksi hadir pada puncak acara.

Konferensi dan lokakarya bertajuk “Keuangan Syariah”, “Industri Makanan Halal”, “Pariwisata Islam”, “Haji dan Umrah”, “Farmasi dan Kimia Halal”, “Kehidupan Islam dan Tekstil Halal” akan diadakan di pameran tersebut.

KTT tersebut yang dihadiri 45 pakar akan mengungkap visi masa depan sektor halal.

Permintaan internasional untuk produk Halal telah menyaksikan pertumbuhan yang cepat setelah mencapai nilai lebih dari US $ 2,3 triliun pada tahun 2015, menurut laporan OKI.

Industri makanan dan minuman memiliki pangsa terbesar, mendominasi dengan 67 persen dari total perdagangan produk Halal dengan nilai US $ 1,4 triliun. Jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi sekitar US $ 1,6 triliun pada awal 2020.

Sebanyak 121 juta Muslim melakukan perjalanan internasional pada tahun 2016, naik dari 117 juta pada tahun 2015, mewakili 10 persen dari keseluruhan ekonomi perjalanan dunia. Hal ini diperkirakan akan tumbuh menjadi 156 juta pelancong pada 2020, menghabiskan lebih dari US $ 220 miliar.

Turki adalah tujuan perjalanan Muslim terbaik keempat di tahun 2017 menurut penelitian paling komprehensif yang diluncurkan di pasar perjalanan Muslim global oleh Mastercard-CrescentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2017.(T/R01/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)