TURKI, UE SEPAKATI RANCANGAN PERSETUJUAN MENGENAI KRISIS PENGUNGSI

 

Syrian refugees  in Turkey
Syrian refugees in Turkey

 

Ankara, 4 Muharram 1437/17 Oktober 2015 (MINA) – dan Uni Eropa () telah menyepakati rancangan persetujuan mengenai krisis pengungsi, Menlu Turki Feridun Sinirlioglu menyatakan Jumat.

UE akan memberikan bantuan senilai tiga miliar euro atau sekitar 3,4 miliar dolar AS kepada Turki untuk mengatasi krisis migrasi tersebut, demikian menurut rancangan persetujuan yang dicapai antara kedua pihak di Ankara, Kamis, ujar Sinirlioglu kepada pers.

Dikatakannya,  suatu tempat perlindungan yang aman diperlukan untuk menahan aliran para calon pengungsi agar tetap berada di Suriah, seraya membantah Turki mengurus pengungsi dengan imbalan dana tersebut.

Ia juga mendesak masyarakat internasional agar menyelesaikan krisis melalui pembicaraan politik, Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan, mengutip Xinhua.

Sekitar 710.000 migran telah melintas ke Eropa pada sembilan bulan pertama 2015, sebagian besar menyeberang lewat Turki, demikian menurut angka badan perbatasan UE, Frontex.

Turki kini menampung lebih dari dua juta pengungsi Suriah sejak perang berkecamuk di Suriah empat tahun lalu. (T/R07/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0