UAR Berhasil Evakuasi Korban Tenggelam di Sungai Cilemer Banten

Banten, MINA – Ukhuwah Al-Fatah Rescue () dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) berhasil mengevakuasi korban yang tenggelam akibat terpeleset di Sungai Cilemer Kampung Bendungan, Desa Kumpay, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, Banten pada Kamis (3/1).

Menurut saksi mata, korban yang bernama Herman (45) saat itu sedang membantu warga menyebrang sungai pada pada Selasa (1/1) pukul 15:00 WIB, saat air sungai sedang meluap akibat hujan lebat semalaman.

“Korban hendak mengikat perahu yang akan digunakan oleh warga untuk menyebrang. Namun naasnya korban malah terpeleset dan tenggelam terbawa arus sungai,” ujar salah satu warga yang melihat yang tidak mau disebutkan namanya dan langsung menghubungi BASARNAS Pandeglang.

Irwan salah satu satu personil UAR yang ikut dalam tim pencarian korban menjelaskan, tim yang tiba di TKP pada pukul 11:30 WIB langsung melakukan pencarian dengan menggunakan satu buah perahu karet, namun karena arus yang telalu deras sehingga tim evakuasi kesulitan untuk menemukan korban.

Irwan mengatakan, pada pencarian hari pertama tim tidak menemukan korban karena air sungai yang masih meluap dan arus juga masih terlalu deras.

“Hari kedua korban telah terlihat dipermukaan oleh warga yang bernama Rama pada pukul 05.30 WIB,” ujarnya.

Korban pertama kali ditemukan oleh Rama (20) warga kampung Cipedang, Desa Bendungan, saat dirinya tengah melintas di jembatan. Rama kemudian melaporkan kepada warga setempat dan ke tim SAR yang sedang melakukan pencarian korban.

Menurut Irwan, setelah kesaksian warga itu, tim segera melakukan pencarian korban dan berhasil ditemukan serta langsung dievakuasi pada pukul 07.57 WIB pagi ini.

“Korban ditemukan dengan posisi sudah berada di pinggir sungai sekitar 2 KM dari TKP. Kemudian jenazah langsung dibawa dan diserahkan ke pihak keluarga korban,” tambahnya.

Ukhuwah Al-Fatah Rescue mengerahkan tim dengan spesifikasi Water Rescue Abdul Basyir dan Irwan Amrullah, serta tim pendukung Zaki, Imran dan Suryana, dengan Komandan Tim Afriliansyah (BASARNAS) mengevakuasi korban tenggelam di Sungai Cilemer, kemudian jenazah diserahkan ke pihak keluarga korban. (L/Abd/Ais/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)