UE Sumbang UNRWA €82 juta, Tegaskan Kembali Komitmen Dukung Pengungsi Palestina

Komisaris Jenderal UNRWA, Philippe Lazzarini dan Perwakilan Uni Eropa Sven Kühn von Burgsdorff selama upacara penandatanganan. (Foto: Wafa)

Al-Quds, MINA – (UE) menyumbangkan EUR 82 juta kepada badan PBB yang bertanggung jawab dan menegaskan kembali komitmen terhadap . Demikian dikutip dari Wafa, Rabu, (1/3).

UE mengatakan dalam siaran pers, Badan Bantuan dan Pekerjaan untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (), melalui kontribusi ini yang juga sejalan dengan Deklarasi Bersama UE-UNRWA 2021-2024, UE terus memberikan dukungan penting, dapat dipercaya, dan dapat diprediksi untuk memungkinkan Badan memenuhi mandatnya, melindungi dan membantu pengungsi Palestina, dan memainkan peran stabilisasi dalam wilayah.

“Saya sangat berterima kasih atas dukungan kuat dan dapat dipercaya dari Uni Eropa kepada UNRWA dan jutaan pengungsi Palestina yang kami layani,” kata .

“Pendanaan multi-tahun UE menegaskan kembali komitmen UE untuk kesejahteraan dan hak-hak pengungsi Palestina sampai terciptanya solusi yang adil dan abadi untuk penderitaan mereka,” tambahnya.

Menurut Lazzarini, UNRWA tetap berkomitmen pada standar transparansi dan efisiensi tertinggi dalam pengelolaan operasinya, menempatkan kepentingan pengungsi sebagai pusatnya. “Sumbangan UE akan membantu kami mempertahankan layanan vital di seluruh wilayah, termasuk pendidikan untuk lebih dari setengah juta anak perempuan dan laki-laki dan mengirimkan pesan harapan pada saat para pengungsi Palestina berjuang melalui kondisi sosial-ekonomi terburuk dalam beberapa tahun terakhir,” lanjutnya.

Dalam sambutannya saat upacara penandatanganan, mengatakan,“Kontribusi UNRWA terhadap kehidupan para pengungsi Palestina tetap sangat diperlukan dan perannya dalam menjaga stabilitas di wilayah yang sangat kompleks dan menantang ini tidak perlu dipersoalkan lagi.”

Dia menekankan, Paket senilai EUR 82 juta ini sekali lagi menunjukkan komitmen dan dukungan jangka panjang UE kepada UNRWA dan 28.000 stafnya di lapangan dalam memberikan layanan inti di lima bidang operasinya.

“Kita semua memiliki tanggung jawab kolektif terhadap pengungsi Palestina untuk mempertahankan pekerjaan UNRWA, dan kita harus memberikan pendanaan multi-tahunan yang dapat diprediksi dan dapat diandalkan,” tambahnya sambil menunjukkan bahwa situasi keuangan UNRWA tetap kritis dan dukungan tambahan dari yang lebih luas dari komunitas donatur sangat dibutuhkan untuk mencegah gangguan dalam layanannya.

Dia berjanji, UE dan negara anggotanya akan terus mendukung UNRWA, mendorong reformasi internal, dan berkontribusi untuk melayani pengungsi Palestina dengan lebih baik. “Dengan ini, kami menjaga harapan tetap hidup saat kami bekerja menuju masa depan yang lebih baik bagi para pengungsi Palestina, termasuk dengan memulihkan cakrawala politik,” katanya.

Pernyataan tersebut diakhiri dengan mengacu pada fakta, Uni Eropa adalah donatur terbesar ketiga untuk Badan tersebut, yang telah berkontribusi pada Anggaran Program Badan sebesar EUR 97 juta pada tahun 2022.

Dukungan UE yang dapat diprediksi dan dapat diandalkan telah memungkinkan UNRWA untuk memberikan layanan garis  ke depannya untuk pengungsi Palestina termasuk di bidang kesehatan, pendidikan, layanan sosial dan perbaikan kamp di lima bidang operasi.

Dengan tidak adanya solusi politik untuk konflik tersebut, UE telah menjadi mitra strategis utama untuk Badan tersebut, mendukung upayanya untuk membantu para pengungsi Palestina mencapai potensi pembangunan manusia sepenuhnya meskipun menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. (T/B03/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)