UEA Kirimkan 85 Ton Obat-Obatan dan Perlengkapan Medis ke Gaza

Abu Dhabi, MINA – Uni Emirat Arab () mengirimkan 85 ton obat-obatan dan pasokan medis senilai USD10 juta ke rumah sakit Jalur , , melalui konvoi darat dengan muatan enam truk melewati penyeberangan perbatasan Rafah .

Kantor Berita Nasional UEA (WAM) melaporkan yang dikutip MINA, Senin (5/12), pengiriman tersebut untuk berkontribusi dalam mendukung sektor kesehatan dan mengurangi keparahan penyakit dampak kemanusiaan di Jalur Gaza, melalui lembaga kemanusiaan nasionalnya, Otoritas Bulan Sabit Merah UEA (ERC).

Bantuan tersebut datang dalam program kemanusiaan dan dukungan yang diberikan oleh UEA kepada rakyat Palestina.

WAM melaporkan, UEA selalu berusaha memberikan semua dukungan yang memungkinkan untuk meningkatkan respons kemanusiaan guna membantu rakyat Palestina, dan menyediakan kebutuhan yang diperlukan bagi penduduk, terutama perempuan dan anak-anak.

Baru-baru ini, UEA juga menjanjikan bantuan 25 juta dolar untuk Rumah Sakit Makassed di Yerusalem Timur. Bantuan tersebut akan melengkapi rumah sakit dengan peralatan medis penting yang diharapkan dapat bermanfaat bagi sekitar 130.000 pasien.

Hubungan Palestina dengan Uni Emirat Arab terfokus pada hubungan ekonomi dan politik antara Uni Emirat Arab dan Palestina. Uni Emirat Arab memiliki Kantor Perwakilan di Ramallah sementara Palestina memiliki kedubes di Abu Dhabi. Kedua negara tersebut berada di wilayah Timur Tengah dan berbagi ikatan budaya yang kuat.

seperti negara-negara Muslim lainnya, UEA mendukung kemerdekaan Palestina. Banyak orang Palestina yang datang, bekerja dan bermukim di UEA.

Namun, pada tahun-tahun terakhir, hubungan tersebut mengalami kerenggangan, utamanya saat Israel dan UEA telah menjalin hubungan pada September 2020 lalu dalam kesepakatan yang ditengahi Amerika Serikat. Hubungan tersebut ‘melanggar’ kebijakan Arab selama beberapa dekade yang mendukung Palestina.(T/R1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.