UEA TINGKATKAN KERJASAMA PERTAHANAN DENGAN INDONESIA

Kerjasama-Indonesia-Dubai
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri forum bisnis di Abu Dhabi, , Ahad (13/9) waktu setempat.(Foto: Istimewa)

Jakarta, 15 Dzulhijjah 1436/29 September 2015 (MINA) – Konsuler UEA di Indonesia Walid Darwish, Pemerintahnya telah sepakat meningkatkan dalam bidang pertahanan.

Dia mengatakan, komitmen itu disampaikan saat Presiden RI Joko Widodo melakukan pertemuan dengan pejabat tinggi UEA di Abu Dhabi pertengahan September lalu.

“Dalam putusan MOU disepakati mengenai pemasaran senjata dan amunisi buatan Indonesia di kawasan Timur Tengah melalui UEA,” kata Darwish kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di sera perayaan Hari Nasional Arab Saudi Ke-83, Selasa (29/9) malam.

Menurutnya, pemerintah Indonesia berusaha menjadikan UEA sebagai penghubung untuk masuknya produk-produk dari Indonesia ke Timur Tengah.

Pemerintah UEA telah menyetujui untuk kerjasama dalam pembuatan senapan SS2 dan pemasaran amunisi produksi Pindad di wilayah Timur Tengah.

Persetujuan itu tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara PT. Pindad (Persero) dan Continental Aviation Services yang dilakukan saat forum bisnis yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) di  Abu Dhabi, UEA, Ahad (13/9) waktu setempat.

Selain menandatangi kerjasama dalam bidang pertahanan, tercapai pula kerjasama dalam bidang ekonomi dan pemberdayaan SDA juga pariwisata, mengingat banyaknya turis dari timur tengah berkunjung ke Indonesia setiap tahunnya.

MOU itu juga disepakati kerjasama dalam melakukan perlindungan dan pencegahan radikalisme dan terorisme yang kian hari semakin merambak luas dalam masyarakat muslim.

UEA merupakan negara tujuan ekspor utama Indonesia di Timur Tengah, dengan nilai perdagangan mencapai 4,25 miliar Dolar AS di tahun 2014, dan Indonesia menikmati surplus 748 juta Dolar AS.

Di bidang investasi, UEA memiliki potensi sovereign wealth funds yang cukup besar. UEA merupakan salah satu investor besar dari Timur Tengah ke Indonesia yang selain melakukan investasi portofolio, juga melakukan investasi langsung dengan nilai Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar 25,365 juta Dolar AS di tahun 2014.(L/P013/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rifa Arifin

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0