UI – BSI Jalin Kerjasama Perkuat Ekosistem Industri Halal

Penandatanganan Kerjasama UI Halal Center dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam rangka meningkatkan kapasitas pelaku usaha dan SDM bidang industri halal di Ruang Rapat IWK, Gedung Science Park, Kampus UI Depok, Rabu (28/12/2022).(Foto: Istimewa)

Depok, MINA – Universitas Indonesia (UI) melalui UI Halal Center menandatangani kerjasama dengan Bank Syariah Indonesia () dalam rangka meningkatkan kapasitas pelaku usaha dan SDM bidang di Ruang Rapat IWK, Gedung Science Park, Kampus UI Depok, pada Rabu (28/12).

Kolaborasi antara UIHC dan Bank BSI terkait pengembangan ekosistem industri halal dalam bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat, dan Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha.

Perjanjian Kerjasama ini ditandatangani oleh Kepala UI Halal Center Prof. Muhammad Luthfi Zuhdi Ph,D dan Muhammad Syukron Habiby selaku Group Head – Islamic Ecosystem Solution Group (PJ).

Pada pembukaanya, Ressi Silaturahmi, S.E., A.K selaku Kasubdit Pengembangan Bisnis Direktorat Pengelolaan dan Pengembangan Unit-Unit Usaha (DPPU) UI manyampaikan, pihaknya menyambut baik kerjasama antara UIHC dan BSI ini.

“Moga kerjasama ini mampu memberikan gagasan, impact dan income nyata bagi UI, pelaku usaha, dan maysrakat sekitar,” ujarnya.

Group Head -Islamic Ecosystem Solution Group Muhammad Syukron Habiby mengatakan, hadirnya Divisi Islamic Ecosystem Solution merupakan keseriusan BSI dalam menciptakan ekosistem halal yang mendukung industri halal Indonesia.

“UI merupakan mitra kerjasama pertama yang kami pilih, karena kami yakin UI memiliki semua fasilitas dan SDM yang mumpuni serta mampu menjawab tantangan zaman,” tuturnya.

Pada saat yang sama, Kepala UI Halal Center Prof. Muhammad Luthfi Zuhdi memberikan apresiasi kepada BSI yang menemani setiap agenda UIHC.

“BSI selalu hadir menemani, kemanapun UIHC melangkah BSI selalu ada. PKS ini sebagai tanda UIHC dan BSI akan terus bersama dalam mendorong Indonesia menjadi Industri Halal dunia dengan peningkatan SDM dan Pengembangan Ekosistem Industri Halal,” pungkasnya.

Perjanjian kerjasama ini meliputi Penyelenggaraan Kolaborasi Riset, Kegiatan Ilmiah, Kajian Ilmiah, Seminar dan Lokakarya dan Pengabdian Kepada Masyarakat; Penyelenggaraan Pelatihan Halal (Halal Training) dan Literasi Halal; Peningkatan dan pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia dalam bidang Industri Halal; Pelaksanaan program pendidikan Kampus Merdeka; Permodalan dan peningkatan usaha pelaku usaha, Penggunaan jasa dan produk bank syariah Indonesia dan Ruang lingkup lainnya.

UI Halal Center sudah terakreditasi sebagai Lembaga Pendamping Proses Produk Halal yang memiliki trainer Pendamping Halal, Penyelia Halal dan Pendamping PPH serta telah memberikan pendampingan sertifikat halal gratis pada pelaku usaha mikro dan kecil.

“UI Halal Center siap melayani dan membantu masyarakat dalam bidang Industri Halal,” jelas Qiwamudin Sekretaris UIHC.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Kepala UIHC Prof. Arry Yanuar, Ketua Bidang Riset UIHC Dr. Shobichatul Aminah, Ketua Bidang Pelatihan UIHC Soraya, M.Hum, Abdullah Manaf anggota UIHC, Dept. Head Islamic Ecosystem Hikmah Rizka, Business Dev. Senior Manager Islamic Ecosystem Soeyatwoko dan PIC BSI Cabang FMIPA UI Defie Nofieana.(R/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.