Ujian Sabuk Hitam Inkado Jawa Barat, Zahran (10 tahun) Lulus Dan-1

Jonggol, MINA – Pengurus Provinsi (Pengprov) Jawa Barat Indonesia -Do () menyelenggarakan ujian kenaikan tingkat dari Sabuk Coklat Kyu-1 menjadi Dan-1 pada Sabtu (28/9), bertempat di Ponpes Fajar Dunia, Jonggol.

Pada kegiatan kali ini, Ponpes menurunkan 12 peserta, terdiri atas 6 orang dari Ranting Al Fatah Lampung dan 6 orang dari Ranting  Al Fatah Cileungsi.  Tercatat sebagai peserta termuda adalah Zahran Fortius (10 tahun) untuk kelompok putra dan Vina (11 tahun) dari Dojo Pondok Timur Indah (PTI) Bekasi.

Zahran dan Vina diizinkan ikut Ujian Dan-1 karena prestasinya menjadi juara di berbagai kejuaran baik untuk nomor Kata maupun Kumite. Adapun peserta paling senior adalah Haji Toto berusia 60 tahun dari Bekasi. Ujian diikuti 99 peserta yang terdiri dari 64 putra dan 35 putri.

“Ujian Dan-1 ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan terutama oleh Ponpes Fajar Dunia.  Seiring menuntut ilmu-ilmu agama selama 5 atau 6 tahun di Ponpes Fajar Dunia para santri juga diwajibkan untuk mengikuti latihan karate.  Ditargetkan oleh pimpinan ponpes tersebut para santri sudah meraih Sabuk Hitam Dan-1 sebelum lulus dari ponpos tersebut.”demikian Ketua INKADO Pengprov Jabar, Shihan Agustinus Djoko mengatakan kepada MINA.

Ujian Dan-1 INKADO ini disaksikan langsung oleh Ketua Dewan Guru INKADO yaitu Kancho G.A. Pesik bersama anggota Dewan Guru INKADO yang lainnya seperti Shihan Tris Baud, Shihan M. Gusti dan Shihan Agustinus Djoko.

Pada Ujian Dan-1 kali ini mayoritas peserta adalah dari Dojo Khusus Fajar Dunia yaitu sejumlah 70 orang.  Peserta lain berasal dari berbagai ranting atau Dojo yang tersebar di seluruh wilayah di bawah binaan Pengprov Jabar.

Di bawah Pengprov Jabar ada 8 wilayah yang dibina dalam satuan cabang oleh Pengurus Cabang (Pengcab).  Di antara Pengcab INKADO di Jawa Barat adalah Pengcab Kota Bekasi, Pengcab Kabupaten Bekasi, Pengcab Bogor, Pengcab Kota Depok, Pengcab Kota Bandung, Pengcab Kabupaten Garu, Pengcab Kabupaten Karawang dan Dojo Khusus Fajar Dunia.  Jumlah Dojo atau ranting yang dibina oleh 8 Pengcab tersebut ada sekitar 30 Dojo.  Tahun 2019 ini berdiri 4 (empat) Dojo baru yang masih dalam pembinaan tahap awal.

“Harapan kami setelah lulus dan menyandang Sabuk Hitam Dan-1 para peserta ujian terutama santri Ponpes Fajar Dunia dapat mengembangkan karate di daerah asalnya masing-masing.” tutur Shihan Agustinus Djoko.

Ditambahkan pula bahwa Pengprov Jabar masih memiliki sisa 2 agenda tahunan lagi yaitu Ujian Kenaikan Tingkat dan Gashuku pada tanggal 2 – 3 November 2019 dan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Jabar di awal tahun 2020.

Ujian Dan-1 INKADO Jabar tersebut diakhir dengan upacara penutupan pada pukul 15.00 sore ini dengan pengumuman kelulusan untuk seluruh peserta ujian.  Kelulusan sebagai penyandang Sabuk Hitam Dan-1 ini begitu berarti dan disambut gembira tidak saja oleh para peserta melainkan juga para orangtua.  Muhammad Tobri sebagai orangtua dari Fikri seorang peserta dari Ranting Al Fatah Cileungsi mensyukuri kelulusan putranya serta memberi selamat buat semua yang lulus dan berharap menjadi manfaat untuk bekal kehidupan selanjutnya. (L/Gusdar/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.