Ulama Sudan Meninggal, Hamas: Kami Sangat Sedih

Ulama Sudan, Dr. Hasan Al-Turabi.
, Dr. Hasan Al-Turabi.(ilustrasi: istimewa)

Gaza, 26 Jumadil Awwal 1437/6 Maret 2016 (MINA) – Gerakan Perlawanan Islam , menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya tokoh pergerakan Islam Sudan, Dr. Hasan Al-Turabi yang telah memberikan banyak kontribusi untuk perjuangan Palestina.

“Kami menerima kabar duka dari Sudan. Kami sangat sedih dengan berita meninggalnya Dr. Hasan Abdullah Al-Turabi,” kata pejabat senior Hamas Izzat Al-Rasheq dalam dalam keterangan persnya, Ahad.

Rasheq memuji Dr. Turabi untuk perannya dalam memperjuangkan kebebasan Palestina dan mengumpulkan dukungan dari berbagai elemen masyarakat, khususnya masyarakat Sudan, demikian laporan The Palestinian Information Center (PIC) dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Semoga Allah Subhahu Wa Ta’ala melimpahkan rahmat-Nya kepadanya. Dr. Turabi adalah salah satu pemikir Islam yang paling menonjol di Sudan dan dunia Islam. Dia dikenal sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh dalam politik Sudan modern,” kata Rasheq.

Sebelumnya, pemimpin dan pemikir Muslim Sudan, Hassan Al-Turabi,  meninggal dunia dalam usia 84 tahun, karena serangan jantung, pada Sabtu (5/3) sore waktu setempat di Khartoum.

Al-Turabi adalah pimpinan partai oposisi PCP (Popular Congress Party), setelah keluar dari  NCP (National Congress Party) yang berkuasa di Sudan karena perselisihan pendapat. Sebelumnya ia pernah memimpin Ikhwanul Muslimin Sudan. (T/P011/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.