UNESCO Bantah Keluarkan Sertifikat “Islam Agama Paling Damai”

Jakarta,9 Syawwal 1437/14 Juli 2016 (MINA) – Organisasi Kebudayaan, Keilmuan, dan Pendidikan PBB () membantah telah mengeluarkan sertifikat “Islam sebagai agama yang paling damai di dunia”.

Dari klarifikasi pihak UNESCO, diketahui bahwa sertifikat yang pertama kali muncul dari media India juntakareporter itu adalah hoax (berita bohong).

“Pernyataan seperti itu tidak pernah dibuat oleh Organisasi (UNESCO) dan sertifikat yang direproduksi di situs tersebut adalah palsu. Website yang menerbitkan informasi ini merupakan media satir,” kata pernyataan resmi dari UNESCOPRESS yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

UNESCO juga membantah atas keterlibatannya dengan organisasi “International Peace Foundation”. Pihaknya mengatakan bahwa UNESCO sama sekali tidak pernah memiliki hubungan khusus terhadap organisasi itu.

Masih dalam pernyataan resmi tersebut, UNESCO sesuai dengan mandatnya, memiliki tanggung jawab untuk mempromosikan dialog antaragama dan antarbudaya pada skala global, dengan dukungan tepatnya Negara Anggota, mitra dan jaringan. Dalam melakukannya, UNESCO mempromosikan penghormatan dengan alasan yang sama untuk semua tradisi dan agama, selalu berusaha untuk membangun jembatan dan memperkuat ikatan bila memungkinkan.

Sebelumnya, netizen dihebohkan dengan gambar sertifikat yang dianggap dikeluarkan oleh UNESCO yang kemudian viral di dunia maya dan media online. Gambar tersebut bertuliskan “sertifikat kedamaian yang diberikan kepada Islam sebagai agama yang paling damai di dunia”, tertanggal 4 Juli lalu. (T/M09/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.