Ungkap Berbagai Kasus Besar, Polres Jakbar Diganjar Sederet Penghargaan

Jakarta, MINA – Keberhasilan dalam mengungkap berbagai kasus kriminalitas dan narkoba berbuah sederet penghargaan yang diberikan oleh sejumlah lembaga bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, Senin (20/5).

Empat penghargaan itu diberikan oleh Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI), Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Organisasi Kemasyarakatan Gerakan Anti Narkotika (Granat), dan Yayasan Puteri Indonesia. Sebelumnya, Polres Jakarta Barat menerima penghargaan dari Lembaga Kajian Strategi Kepolisian Indonesia (Lemkapi).

Acara penganugerahan penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kapolres Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi, Wakapolres Jakarta Barat AKBP Hanny Hidayat, Kasat Narkoba AKBP Erick Frendriz, Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat AKBP Edi Suranta Sitepu, Kanit Krimsus AKP Rullian Syauri, dan Kanit 1 Narkoba AKP Arif Purnama Oktora SIK usai dilaksanakannya upacara Hari Kebangkitan Nasional di halaman Mapolres Jakarta Barat, Senin (20/5).

Perwakilan MURI, Yusuf, mengatakan pemberian penghargaan kepada Polres Jakarta Barat atas komitmen dan kesungguhan yang kuat dalam pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan narkoba khususnya di wilayah hukum Jakarta Barat, terutama dalam pengungkapan kasus narkotika jenis sabu-sabu

“Seperti kita ketahui bersama, hanya sekali penangkapan, Polres Jakarta Barat berhasil mengamankan 120 kg sabu. Itu penangkapan terbanyak di level Polres dalam sekali penangkapan,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait. Menurutnya, kasus anak-anak berhadapan dengan hukum terus meningkat, terlebih mereka yang menjadi korban, sehingga dukungan dalam penanganannya pun harus ada.

“Penanganan kasus anak itu memang dilakukan secara khusus karena memang undang-undangnya pun khusus. Adanya kerjasama dengan Komnas PA pun memudahkan polisi dalam menangani kasus anak,” terangnya.

Penghargaan juga diberikan oleh Granat. Menurut Ketua DPP Granat Komjen Pol (Purn) Togar Sianipar, apresiasi yang sangat dalam dari masyarakat khususnya kepada Kapolres Jakarta Barat yang telah menoreh keberhasilan berupa rekor MURI.

Ini tidak lepas dari keberhasilan dari para tim di lapangan baik narkoba maupun reskrim yang telah berhasil menangkap1.105 orang preman dalam Kurun 1 tahun, menagamankan 1,3 ton ganja, mengungkap 3 pabrik narkoba terbesar, mengungkap penyeludupan 40 kg sabu di Cilegon, dan 120 kg sabu Dilampung.

“Itu pengungkapan narkotika yang sangat fantastis sejak 2018 sampai 2019, ini yang membuat rekor MURI memberikan penghargaan kepada Polres Metro Jakarta Barat,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Putri Indonesia memberikan penghargaan dan apresiasi kepada Polres Jakarta Barat atas keberhasilan mengungkap 120 kg narkoba jenis sabu. Penghargaan tersebut diserahkan langsung Mooryati Soedibyo, pendiri Yayasan Putri Indonesia

Sementara itu, Kapolres Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih atas pemberian penghargaan ini, semoga kedepannya kami bisa terus meningkatkan pengungkapan kasus narkoba dan kriminal khususnya di Jakarta Barat,” ujarnya.

Hengki pun mengapresiasi penghargaan yang diberikan Komnas Perlindungan Anak dan bakal terus menjalin kerja sama dengan Komnas PA dan lembaga lainnya.

Sebelumnya, Polres Jakarta Barat juga menerima penghargaan dari Lemkapi. Atas penghargaan tersebut, Polres Jakarta Barat dinobatkan sebagai Polres terbaik dalam pengungkapan kasus yang menjadi sorotan publik yang begitu spektakuler. (L/R11/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)