Uni Eropa Dukung Penyatuan Gaza dan Tepi Barat

Orang-orang berkumpul di depan monumen Unknown Soldier di Kota , merayakan kesepakatan antara Hamas dan Fatah di Kairo, pada 12 Oktober 2017 (Foto: Anadolu)

 

Brussel, MINA – Uni Eropa mengatakan pada hari Kamis (2/11), pihaknya memberikan dukungan penuh untuk upaya menyatukan kembali Gaza dengan .

Dikatakan dalam sebuah pernyataan resminya, bahwa penyerahan Gaza ke Otoritas (PA) merupakan langkah penting dalam pelaksanaan kesepakatan yang ditandatangani di Kairo pada 12 Oktober.

Penyerahan itu untuk memungkinkan Otoritas Palestina melanjutkan tanggung jawab penuhnya di Gaza dan mencapai rekonsiliasi intra-Palestina.

“Uni Eropa mengulangi kesiapannya untuk memberikan dukungan penuhnya terhadap upaya untuk menyatukan kembali Gaza dan Tepi Barat di bawah satu Otoritas Palestina yang sah dan sah,” katanya seperti dilaporkan kantor berita WAFA yang dikutip MINA.

Ditambahkan, Uni Eropa siap untuk memindahkan misi Rafah EUBAM jika diminta oleh para pihak dan segera setelah kondisinya memungkinkan.

“Kontak dengan semua pemangku kepentingan yang relevan mengenai kemungkinan kontribusi UE sedang berlangsung,” kata juru bicara tersebut.

Uni Eropa akan terus berhubungan dengan Otoritas Palestina, Mesir, Israel, dan mitra internasional, termasuk di Kuartet, untuk membantu proses itu berhasil.

Terpenting pula untuk mencapai solusi dua negara yang dinegosiasikan dan perdamaian yang berkelanjutan. (T/B05/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.