Uni Eropa Siap Terima 40.000 Pengungsi Afghanistan

Brussel, MINA  – Sedikitnya 15 negara anggota (UE) menyatakan siap untuk menerima asal Afghanistan jika mereka ingin ke negara mereka, asalkan dengan jalan resmi (legal).

“Kami mengizinkan lebih banyak warga Afghanistan untuk ingin bermigrasi ke negara-negara anggota UE dengan cara yang legal,”  kata Komisaris UE, Eropa Ylva, Al-Jazeera melaporkan.

Komisaris Ylva Johansson mengatakan ini setelah bertemu dengan para menteri dalam negeri dari ke-15 negara tersebut. Adapun kouta yang disediakan ke-15 negara UE itu sebanyak 40.000.

Dari kesediaan negara-negara tersebut disebutkan, Jerman akan menerima sebagian besar pendatang sebanyak  25.000 orang, disusul Belanda yang menerima 3.159, Spanyol dan Prancis masing-masing 2.500, dan negara-negara lain dalam jumlah yang lebih sedikit,

Krisis kemanusiaan di Afghanistan yang saat ini terjadi semakin membuat situasi ekonomi dan politik yang tak menentu di negara itu. Jutaan warga telah mengungsi dan meninggalkan negara itu karena perubahan rezim dan keraguan seputar situasi tersebut.

Perubahan rezim telah sangat memengaruhi sektor swasta karena sebagian besar perusahaan lokal dan organisasi internasional tutup sejak pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban.(R/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.