Universitas Terbuka Jangkau Semua Wilayah Papua Barat

Sorong, MINA – Universitas Terbuka (UT) telah menjangkau seluruh 12 kabupaten dan satu kota se-Provinsi Papua Barat dalam upaya memberikan kemudahan layanan pendidikan kepada masyarakat setempat.

Hal itu diutarakan Direktur Unit  Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT Sorong, Yuli Tirtariandi El Anshori, di sela-sela peresmian gadung baru UT di Sorong, Papua Barat, Kamis (14/2).

“Layanan UT Sorong sudah mencapai seluruh lapisan masyarakat di Papua Barat,” ujar Yuli seperti dilaporkan MINA di lokasi.

Ia menjelaskan, kelompok belajar UPBJJ-Sorong telah terbentuk di semua kabupaten di Papua Barat selain Tambrauw dan Raja Ampat. Namun secara individu mahasiswa UT ada yang berasal di dua kabupaten tersebut.

Kehadiran institusi pendidikan tinggi negeri diapresiasi karena sangat membantu dalam memajukan tingkat pendidikan di Bumi Cenderawasih.

Ketua DPRD Kota Sorong, Petronela Kambuaya, menyebut hadirnya UT di Sorong memberikan harapan besar bagi perkembangan pendidikan di Sorong dan di Papua Barat pada umumnya.

“UT membantu masyarakat di Papua untuk meraih pendidikan tinggi,” tegas Petronela yang juga alumnus UT.

Untuk diketahui, UT meresmikan gedung baru yang berdiri di pusat ‘Kota Minyak’ itu. Menempati tanah seluas 3.993 meter persegi, kantor layanan pendidikan itu terdiri dari tiga lantai dan dilengkapi berbagai fasilitas penunjang, termasuk mushola.

Gedung baru UT di Sorong diresmikan oleh Wali Kota Sorong, Lambert Jitmau, yang didampingi Rektor UT, Ojat Darojat, dan tokoh masyarakat dari suku Moi.

UPBJJ-UT Sorong berdiri sejak 22 Mei 2014 setelah sebelumnya bergabung dengan UT di Jayapura, Papua. (L/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.