UNRWA Siapkan 54 Tempat Penampungan Darurat di Gaza

Foto: MEMO

Gaza, MINA – Badan PBB untuk Pengungsi Palestina, menyiapkan 54 tempat untuk pengungsi Palestina di Jalur Gaza yang terblokade.

Direktur Urusan UNRWA di Jalur di Gaza, Thomas White mengatakan dalam sebuah konferensi, Rabu (23/2), “kami bercita-cita untuk meningkatkan jumlah tempat penampungan sehingga dapat memenuhi persyaratan kebutuhan darurat di Gaza”.

“Kami bersiap untuk melakukan manuver segera untuk memeriksa kesiapan UNRWA untuk menanggapi keadaan darurat,” ujarnya.

White menjelaskan, mengenai rekonstruksi rumah-rumah yang dihancurkan selama agresi Israel di Jalur Gaza pada tahun 2014, dokumen yang telah diajukan, saat ini ditangguhkan karena tidak ada donor yang menyatakan kesediaan mereka untuk mendukung proyek-proyek rekonstruksi rumah-rumah tersebut.

“Oleh karena itu, UNRWA berusaha mencari  1,6 miliar dolar tahun ini untuk mendanai layanan dan program utamanya mendukung jutaan pengungsi Palestina,” katanya.

Pada kuartal pertama tahun 2022, bantuan makanan didistribusikan kepada sekitar  1.140.000 pengungsi di 15 pusat distribusi di Gaza, dengan biaya 28 juta dolar.

Tercatat, 81,5 persen pengungsi di Gaza hidup di bawah garis kemiskinan. Termasuk hampir 50 persen anak-anak di Gaza yang membutuhkan dukungan kesehatan mental. (T/Hju/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.