Update COVID-19, Jakarta Per 4 Mei 650 Sembuh dan 412 Meninggal

, MINA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi DKI Jakarta menyampaikan perkembangan terkini per 4 Mei 2020. Sebanyak 650 orang dinyatakan sembuh dari total 4.472 orang kasus positif dan sebanyak 412 orang meninggal.

“Sejumlah 2.080 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit, dan 1.330 orang melakukan self isolation di rumah. Dan sebanyak 1.770 orang menunggu hasil laboratorium,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, Senin (4/5).

Sedangkan, untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 1.544 orang. Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 7.446 orang (7.218 sudah selesai dipantau dan 225 masih dipantau) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 6.213 orang (5.198 sudah pulang dari perawatan dan 1.015 masih dirawat). Demikian keterangan yang diterima MINA.

Widyastuti menjelaskan, untuk rapid test masih terus berlangsung di enam wilayah Kota/Kabupaten Administrasi DKI Jakarta dan Pusat Pelayanan Kesehatan Pegawai (PPKP).

Tambahnya, total sebanyak 80.192 orang telah menjalani rapid test, dengan persentase positif COVID-19 sebesar empat persen, dengan rincian 3.056 orang dinyatakan positif COVID-19 dan 77.136 orang dinyatakan negatif.

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta juga telah memberikan layanan kesehatan jiwa (mental) terhadap masyarakat yang terdampak COVID-19.

Selain itu, Widyastuti menerangkan, masyarakat juga dapat mengakses layanan konsultasi online melalui aplikasi sahabat jiwa (berbasis website) pada situs https://sahabatjiwa-dinkes.jakarta.go.id.

Pemprov DKI Jakarta turut mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dan berkolaborasi menangani pandemi COVID-19, terdapat total 134 kolaborator dari berbagai unsur yang telah berpartisipasi.

Bagi masyarakat yang ingin berkolaborasi, dukungan berupa Alat Pelindung Diri, masker, sarung tangan, dan disinfektan, dapat langsung disampaikan ke Sekretariat Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Provinsi DKI Jakarta, Balai Kota, Blok G Lantai 2 atau melalui kanal jdcn.jakarta.go.id.

Pemprov DKI Jakarta juga membuka kesempatan untuk masyarakat berbagi dengan sesama yang membutuhkan bantuan karena terdampak pandemi COVID-19 dalam program Kolaborasi Sosial Berskala Besar atau KSBB di bulan Ramadhan ini.

Pemprov DKI Jakarta bermitra dengan penyalur bantuan resmi, yaitu Palang Merah DKI Jakarta, Baznas Bazis DKI Jakarta, Yayasan Rumah Zakat, dan Aksi Cepat Tanggap. Informasi lengkapnya dapat melalui situs corona.jakarta.go.id/ksbb. (R/R8/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)