VENEZUELA KIRIM BBM KE PALESTINA

Caracas, 18 Rajab 1435/17 Mei 2014 (MINA) – akan mengirim bahan bakar diesel ke wilayah sebagai bagian dari kesepakatan kerja sama dengan Otoritas Palestina .

Bertindak sebagai Kepala Otorita Palestina, Mahmoud Abbas menandatangani perjanjian energi selama pertemuan dengan Presiden Venezuela, Nicolas Maduro di ibukota Venezuela, Caracas, Jumat.

“Terima kasih untuk mendukung Palestina-Venezuela, terima kasih pada Venezuela yang membantu mematahkan monopoli Israel yang ingin menguasai perekonomian kita,” kata Abbas setelah menandatangani kesepakatan, demikian Press TV yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan, Sabtu (17/5).

Presiden Maduro mengatakan, perjanjian pengiriman energi dari Venezuela ke Palestina untuk jenis diesel bagi Palestina sangat penting untuk menjaga perekonomian yang terus tumbuh dan dalam penataan.

“Petro Palestine lahir dan itu adalah aliansi antara Venezuela dan Palestina,” katanya.

Kedua belah pihak juga saling bertukar pandangan mengenai sejumlah isu termasuk konflik Israel – Palestina .

Abbas selama dua hari melakukan perjalanan ke Venezuela dengan tujuan memperkuat hubungan bilateral.

Ia berencana untuk menggalang dukungan untuk Otoritas Palestina agar mendapat status pengamat di Uni Negara Amerika Selatan (UNASUR), Aliansi Bolivarian untuk Rakyat Amerika Kita (ALBA) dan Komunitas Amerika Latin dan Karibia (CELAC) .

Otoritas Palestina telah memenangkan status pengamat di PBB pada bulan November 2012 lalu, meskipun mendapat perlawanan sengit dari Israel dan Amerika Serikat

Kunjungan Abbas ke Venezuela dilakukan beberapa hari setelah gerakan perlawanan Palestina Hamas dan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) yang mencakup partai Fatah, sepakat untuk menyelesaikan perbedaan dan membentuk pemerintah persatuan. (T/P07/EO2 )

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0