Video Hizbullah Klaim Pembunuhan Jenderal Israel

Video serangan bom pinggir jalan terhadap konvoi tentara Israel di Lebanon, 28 Februari 1999. (Al Manar)

Beirut, MINA – Stasiun televisi yang berafiliasi dengan Hizbullah, Al-Manar TV, hari Rabu (28/2) menyiarkan rekaman video yang mengklaim pembunuhan terhadap seorang brigadir .

Video yang direkam pada 28 Februari 1999 tersebut menunjukkan sebuah serangan bom pinggir jalan yang menewaskan Brigader Jenderal Erez Gerstein, dua tentara Arab-Israel dan seorang reporter radio.

Tidak ada konfirmasi independen bahwa video tersebut, dengan gambar yang buram setelah terjadinya ledakan, adalah asli, demikian Times of Israel melaporkan.

Gerstein yang merupakan kepala unit penghubung Lebanon dan Pasukan Keamanan Israel (IDF) adalah pejabat militer tertinggi Israel di Lebanon. Bersamanya tewas pula Imad Abu-Rish, Omar El-Kabetz dan wartawan radio Israel Ilan Roeh.

Saat itu, kendaraan lapis baja yang mereka naiki di wilayah Lebanon yang dikuasai Israel diledakkan.

Pagi itu, keempatnya sedang meninggalkan kota Metolis di Israel utara menuju sebuah desa di Lebanon Selatan, tempat sebuah unit IDF dari tentara Druze ditempatkan.

Bom pinggir jalan yang besar yang menyamar sebagai batu karang, meledak hanya 300 meter (kira-kira 1.000 kaki) dari posisi PBB.

Evakuasi korban tewas diperumit oleh adanya bom tambahan dan bom yang tidak meledak serta tembakan dari posisi Hizbullah.

Israel dan SLA (milisi Kristen Lebanon yang didukung Israel) melawan pejuang Muslim Lebanon yang dipimpin Hizbullah selama 15 tahun.

Israel menarik diri dari Lebanon pada tahun 2000.

Penyiaran video tersebut terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Israel dan Hizbullah dalam beberapa bulan terakhir.

Rekaman Al-Manar TV tersebut disiarkan ulang pada hari Rabu oleh berita televisi Israel Hadashot. (T/RI-1/RS1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)