Wagub Aceh : Pemerintah Komit Jaga Kawasan Hutan

Wakil Gubernur , Nova Iriansyah.(Foto: dialeksis)

Banda Aceh, MINA – Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyatakan Pemerintah Provinsi Aceh sangat komit terhadap perlindungan kawasan .

Hal tersebut Nova sampaikan saat menerima Konsul (AS) untuk Wilayah Sumatera, Juha P Salin yang didampingi Pejabat Khusus bidang Politik dan Ekonomi, Rachma Jaurinata, di rumah dinas Wakil Gubernur, Banda Aceh, Selasa (10/4).

Dalam pertemuan tersebut, Konsul AS untuk Sumatera, Juha P Salin menanyakan isu lingkungan dan kawasan yang selama ini menjadi perhatian dunia, khususnya mengenai pembangunan yang dilakukan di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

“Kita ingin mendengarkan langsung dari Pemerintah Aceh terkait isu pembangunan di kawasan Gunung Leuser,” kata Juha.

Menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh Juha, Nova Iriansyah menyatakan bahwa tidak ada pembangunan di Kawasan TNGL.

Menurut Nova, Aceh punya program Aceh Green yang berwawasan lingkungan.

“Tidak benar ada pembangunan di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, yang ada peningkatan jalan yang sudah ada yang digunakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Nova menyampaikan rencana pembangunan proyek geothermal di sekitar TNGL yang pernah direncanakan oleh Pemerintah Aceh sebelumnya juga sudah dibatalkan.

“Sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), karena itu bukan hanya milik kita, tapi juga milik dunia,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Nova juga menyampaikan bahwa Pemerintah Aceh akan menjalin kerjasama pengelolaan hutan dengan Negara Bagian AS, Oregon.

“Kita akan deklarasi “sister forest” antara Aceh dan Oregon, tentunya nanti kita akan sama-sama belajar terkait manajemen dan perlindungan hutan,” tambahnya.(L/B04/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.