Wagub Sandi Luncurkan Kaus Donasi RED SANDI untuk Bantu RS Indonesia di Gaza

Jakarta, MINA – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, meluncurkan bermotif sorban merah yang dinamai RED SANDI di Balaikota DKI Jakarta, Senin (4/6). Kaus ini merupakan bentuk donasi untuk membantu Rumah Sakit Indonesia di , .

Wagub Sandi Uno mengatakan, peluncuran kaus ini terinspirasi setelah ia mendengar penjelasan dari Lembaga Medis dan Kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) bahwa kondisi Palestina makin memprihatinkan, dan peran Rumah Sakit Indonesia di Gaza buah ikhtiar warga Indonesia lewat MER-C makin penting.

“Maka teman-teman coba luncurkan ide kreatif hari ini. Gaza selalu ramai, dan akan dikembangkan terus,” ujar Wagub Sandi sebagaimana keterangan pers yang diterima MINA.

Kaus yang didesain oleh ArMuf, Duo Desainer A. Mufti dan Agus Hendrawan ini semula sudah merambah pasar ekspor ke Timur Tengah, mulai hari ini di jual di Bukalapak.

“Sempat kita ekspor ke Doha dan Dubai, karena motif Sorban Ghutrah ini kan dari sananya terinspirasi garis, dan ornamen Padang Pasir, kebetulan MER-C butuh donasi sekalian diluncurkan Bang Sandi, Jadi deh namanya RED SANDI !” jelas Mufti.

Mufti yang juga berprofesi sebagai konsultan, dan periset ini mengabarkan bahwa mulai pagi ini RED SANDI sudah bisa dipesan di Bukalapak dan click through lewat laman resmi MER-C.

“Harganya didiskon jadi 126 ribu rupiah, harga termasuk donasi ke MER-C,” tukas Mufti.

Ketua Presidium MER-C dr Henry Hidayatullah bersama timnya menjelaskan, selain memberikan bantuan medis pada fase awal bencana atau tanggap darurat, di beberapa wilayah perang, konflik dan bencana skala besar, MER-C juga melakukan program bantuan yang bersifat jangka panjang.

Salah satunya berupa pembangunan fasilitas kesehatan seperti Klinik Rawat Inap di wilayah pasca tsunami Aceh, Klinik Sosial di wilayah pasca gempa Bokoharjo Sleman Yogyakarta, RS Galela di wilayah histori konflik Maluku Utara, juga RS Indonesia di Jalur Gaza, Palestina dan RS Indonesia di Rakhine State, Myanmar.

“Kita ingin warga Jakarta berperan lebih aktif untuk membangun RS Indonesia di Gaza bahkan Myanmar, Alhamdulillah Pak Sandi setuju kalau donasi lewat kaus ini Kick Off untuk kerja besar ke depan,” imbuh dr Henry.

Bukalapak sebagai online marketplace terbesar di Indonesia turut memberikan dukungannya untuk pengembangan Rumah Sakit Indonesia di Gaza. Bukalapak memfasilitasi penjualan kaus Red Sandi mulai hari ini.

“Kami di Bukalapak turut peduli dengan kondisi saudara-saudara kita di Gaza. Penjualan kaus Red Sandi di Bukalapak diharapkan dapat membantu pembangunan fasilitas kesehatan di sana,” ujar Fajrin Rasyid, Co-Founder dan CFO Bukalapak.

Dia mengatakan, masyarakat dapat membeli kaus ini hanya di Bukalapak dan tentunya dengan membeli kaus ini, masyarakat secara tidak langsung sudah ikut berpartisipasi dalam membangun Rumah Sakit Indonesia di Gaza.

“Kaus dengan desain yang keren ini juga dapat menjadi pilihan buah tangan untuk sanak saudara ketika mudik ke kampung halaman,” tambah Fajrin.

Wagub Sandi juga mengatakan, ke depan dukungan buat Pembangunan RS Indonesia di Gaza dan Myanmar akan bermitra dengan BAZIS DKI Jakarta.

“Hari ini kita kick-off kerjasama partisipatif kolaboratif, ke depan lebih luas lagi kolaborasinya dengan BAZIS. Mimpi saya ada Ruang Fatahillah atau Jayakarta di RS Indonesia Gaza dan Myanmar, Insya Allah bisa,” tegasnya.(L/R01/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0