Wakil Atase Militer Venezuela di PBB Dukung Guaido

Washington, MINA – Wakil Atase Militer  untuk PBB, Kolonel Pedro Chirinos mengatakan dalam sebuah video di media sosial bahwa ia mengakui pemimpin oposisi Juan Guaido sebagai presiden sementara negaranya.

Pernyataan itu semakin meningkatkan tekanan pada Presiden Nicolas Maduro, demikian Arab News memberitakan pada Kamis (21/2).

Penasihat Keamanan Nasional Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, John Bolton, menyoroti pengumuman Chirinos dalam catatan yang diposting di Twitter pada Rabu (20/2).

“Atase militer Venezuela untuk PBB, Kolonel Pedro Chirinos, telah mengumumkan pengakuan resminya terhadap Juan Guaido sebagai Presiden Sementara Venezuela,” kata Bolton.

Dalam sebuah video yang dibagikan oleh Bolton di Twitter, Chirinos mengidentifikasi dirinya dan menyebut pemerintah Maduro “dibentuk secara ilegal,” sambil mengenakan seragam militer dan berdiri di depan bendera Venezuela dan PBB.

“Saya mengenali, dan menawarkan dukungan dan kepatuhan saya, kepada pemerintah transisi yang dipimpin oleh Presiden Juan Guaido,” kata Chirinos.

AS dan sejumlah negara lain secara terbuka mendukung Guaido, yang bulan lalu mengajukan ketentuan konstitusional untuk menjadi presiden sementara setelah menyatakan pemilihan kembali Maduro tahun lalu tidak sah.

Maduro mempertahankan dukungan dari Rusia dan Cina dan mengendalikan lembaga-lembaga negara Venezuela, termasuk dinas keamanan. Dia mengatakan Guaido memimpin kudeta yang diarahkan AS terhadapnya. (T/Haf/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hafidzh nai

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.