Wakil Dekan II Fikom Univ Moestopo: UKW Bekal Wartawan sebagai Agen Pembaharuan

Jakarta, MINA – H.M. Saefullah,S.Sos.,M.Si., Wakil Dekan II Bidang Non Akademis Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) atau UPDM (B) Jakarta mengatakan, sertifikat “Kompeten” dari hasil (UKW) merupakan bekal bagi wartawan sebagai agen pembaharuan di Indonesia.

Untuk itu, ia mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi terbaik kepada seluruh peserta UKW yang telah dinyatakan “Kompeten” pada pelaksanaan UKW di kampus UPDM (B), Ulujami, Jakarta Selatan,  pada Rabu-Kamis, 27-28 Oktober 2021.

“Selamat, berarti rekan-rekan secara resmi dinyatakan sebagai wartawan profesional. Momentumnya juga tepat, bersamaan dengan semangat sumpah pemuda tahun ini,” ujarnya selaku Ketua Pelaksana UKW UPDM (B) pada penutupan, Kamis (28/10).

Pengumuman hasil UKW disampaikan oleh Ismet Rauf, atas nama tim penguji,  yang juga Pemred Kantor Berita MINA. . Tim penguji lain terdiri dari Dr. Wahyudi M. Pratopo, M.Si, Dr. Retno Intani, M.Sc, Tulus Wijanarko, Muslikhin, dan Uyun Achdiat.

Salah seorang penguji UKW, Uyun Achdiat yang juga wartawan senior Pikiran Rakyat menekankan, dinyatakan “Kompeten” sebagai wartawan pada level muda adalah permulaan. Sebelum melanjutkan level berikutnya, yaitu madya dan utama.

“Setelah ini rekan-rekan akan disorot, apakah kinerja dan perilakunya sesuai sebagai wartawan yang kompeten. Rekan-rekan akan menjadi contoh,” ujarnya.

Uyun menyatakan semua orang bisa menjadi wartawan, tapi tidak semua bisa menjadi wartawan yang benar. “Moralnya yang penting, kalau kemampuan bisa diasah. Ini idealisme seorang wartawan kompeten,” tegasnya.

UKW diselenggarakan oleh Lembaga UKW Fikom UPDM (B) Jakarta bersama Dewan Pers selama dua hari, 27-28 Oktober 2021 dan diikuti 30 peserta. Empat peserta di antaranya adalah wartawan Kantor Berita MINA, yang juga dinyatakan “Kompeten”, yaitu : Ali Farkhan Tsani, Sajadi, Nurhadis dan Sri Astuti.

Tiga wartawan MINA juga dinyatakan “Kompeten” pada UKW di kampus UPDM (B) pada 8-9 September 2021, yaitu: Widi Kusnadi (Sekred), Rana Setiawan (Kepala Liputan), dan Rifa Berliana Arifin (Redaktur Bahasa Arab). (L/B03/RS2).

Mi’raj News Agency (MINA).

Wartawan: hadist

Editor: Chamid Riyadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.