Wakil Ketua Dewan Pers: Pekerjaan Jurnalis Adalah Pekerjaan Mulia

Jakarta, MINA – Pekerjaan menjadi jurnalis merupakan kerja yang sangat mulia dengan menyampaikan informasi berita kepada masyarakat, karena wartawan harus memahami dan dibekali (KEJ).

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Ahmad Djauhar saat menjadi pembicara “Pelatihan One Masjid One Journalist (OMOJ)” Angkatan ke delapan di Masjid Darussalam, Kota Wisata Cibubur, Jakarta, Sabtu (10/11). Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Forum Jurnalis Muslim (Forjim) dengan Yayasan Darussalam Kota Wisata.

Djauhar mengatakan kerja-kerja jurnalistik merupakan kerja mulia dengan menyampaikan informasi berita kepada masyarakat.

“Kode etik mengatur 11 ketentuan menjadi wartawan. Seluruh point tersebut merupakan kesepakatan bersama (konsensus) lebih dari 50 asosiasi profesi jurnalis se-Indonesia. Di samping itu, wartawan diwajibkan untuk mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW),” kata Djauhar.

Ia memaparkan,  pasca reformasi banyak berita-berita yang tidak jelas kebenarannya  berseliweran. “Dan banyak sekali yang langsung percaya. Penyakit ini bukan hanya di Indonesia, tapi juga seluruh dunia mengalami hal yang sama,” ujarnya.

“Kita harus berusaha mengambil dan menyebarkan informasi yang baik dan bermanfaat. Bekerja sebagai wartawan, tidak lepas dari Kode Etik Jurnalistik. Nah, jika ada wartawan yang bermasalah padahal sudah melaksanakan kode etik, maka kami yang akan memediasi dengan pihak terkait,” tambahnya.

Ia menjelaskan, Dewan Pers memiliki peran untuk mediasi antara media yang bersangkutan dengan pihak yang merasa dirugikan. Proses penyelesaian masalah tersebut dinamakan ajudikasi dan mediasi.

Ia juga mengharapkan  kerja jurnalistik tidak mengandung fitnah, agitasi dan mengadu-domba masyarakat.

Menurut dia, kelemahan wartawan saat ini yaitu tidak mengedepankan verifikasi faktual. “Wartawan harusnya tidak langsung percaya omongan orang. Wartawan harus skeptis. Apalagi kalau menyangkut pihak ketiga,” katanya.

Ia menandaskan, keberadaan Dewan Pers adalah menjaga Kemerdekaan Pers di Indonesia terjamin. Karena penguasa yang berkuasa di manapun keinginannya sama, dapat mengendalikan media.

Menurutnya, dari 11 negara-ASEAN, hanya Indonesia saat ini yang menjamin kemerdekaan pers.

“Kami pernah mengalami represifitas pemerintah di Orde Baru. Itu ngeri sekali. Sangat menakutkan. Media yang dianggap berbahaya, langsung disikat. Saya berharap, tidak ada lagi kriminalisasi terhadap pers,” ujarnya. (L/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.