WAKIL PM TURKI BERUSAHA PULIHKAN HUBUNGAN DENGAN ARMENIA

Wakil Perdana Menteri Bulent Arinc mengatakan, dia berharap hubungan dengan Armenia dipulihkan, Jumat 12 Juni 2015. (Foto: AA)
Wakil Perdana Menteri Bulent Arinc mengatakan, dia berharap hubungan dengan dipulihkan, Jumat 12 Juni 2015. (Foto: AA)

Istanbul, 26 Sya’ban 1436/13 Juni 2015 (MINA) – Wakil Perdana Menteri Bulent Arinc mengatakan, dia berharap hubungan dengan Armenia dipulihkan, meskipun terjadi ketegangan diplomatik terkait peristiwa pembunuhan massal tahun 1915.

Arinc yang berbicara selama kunjungan Jumat (12/6) ke sebuah sekolah etnis Armenia di Istanbul mengatakan, ia juga berharap bisa melihat perbatasan dengan Armenia dibuka kembali.

“Saya menginginkan hubungan diplomatik (dengan Armenia) akan dijalin di setiap tanah ini dan perbatasan dibuka,” kata Arinc kepada hadirin pada upacara wisuda di SMU Surp Hac Tibrevank. Demikian Anadolu yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Sabtu.

Hubungan antara dan Armenia telah memanas sejak Perang Dunia I, ketika sebagian dari penduduk Armenia yang tinggal di Kekaisaran Ottoman, berpihak dengan pasukan Rusia.

Penyerangan dan pemberontakan warga Armenia menyebabkan pemerintah Ottoman melakukan relokasi warga Armenia yang menelan banyak korban warga Armenia.

Perbatasan Turki dengan Armenia tertutup sejak 1994, ketika pemerintahan Ankara bereaksi terhadap pendudukan Pemerintah Yerevan terhadap Nagorno-Karabakh, sebuah wilayah sengketa antara Azerbaijan dan Armenia.

Menurut survei 2012 di Armenia oleh Pusat Penelitian Sumberdaya Kaukasus di Yerevan, 41 persen responden warga Armenia mendukung dibukanya perbatasan antara Turki dan Armenia tanpa prasyarat.

Survei serupa dilakukan oleh Yayasan Ilmu Sosial Ekonomi Turki di Ankara pada tahun 2010, mendapati hasil hampir 50 persen mendukung pemulihan hubungan budaya, ekonomi dan politik antara Turki dan Armenia. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://aa.com.tr/en/news/536515–turkish-deputy-pm-seeks-restored-ties-with-armenia

Comments: 0