Wakil Rektor PTIQ: Keilmuan dan Keislaman Singgung Pendidikan Agama

Jakarta, 24 Rajab 1438/21 April 2017 (MINA) – Wakil Rektor Pendidikan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) Jakarta Dr. Ali Nurdin, SQ., MA mengatakan, sebenarnya keilmuan dan keislaman sudah sedemikian banyak dijelaskan dalam Al-Qur’an apalagi menyinggung terkait hal .

“Keislaman seharusnya dipelajari melalui pendidikan agama,” katanya dalam acara Olimpiade Qur’an jilid dua se-Indonesia dengan tema “Integrasi Keilmuan dan Keislaman” di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Jum’at.

Dalam Al-Qur’an, ia menjelaskan, terdapat 800 ayat yang menjelaskan tentang keilmuan dan keislaman, diantaranya:

Pertama, ayat Al-Qur’an selalu menjelaskan tentang ilmu pengetahuan, dimana ayat yang pertama kali diturunkan berbunyi “Iqro” (bacalah), seruan itu mengajak seluruh manusia untuk belajar dan mengenal ilmu.

Kedua, Al-Qur’an sangat konsen pada keilmuan seperti yang tertera dalam Qur’an Surat Al-Qalam.

Ketiga, Al-Qur’an begitu mengapresiasi tentang keilmuan seperti yang tertera dalam Qur’an Surat Al-Mujadalah ayat 11.

Keempat, manusia diturunkan sebagai khalifah karena manusia memiliki akal dan fikiran seperti yang tertera dalam Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 30.

“Sungguh beruntung kita diciptakan sebagai manusia, maka dari itu ketika sudah memiliki akal yang baik dan sehat jangan lupa dilandasi dengan akhlak yang baik.” tambahnya.

Hadir dalam pembukaan tersebut, Ketua BUPERDA Masjid Fathullah, Drs. Mahmud Jalal, MA; Direktur PT. Ernandya Pratama Jakarta, Ir. H. Erwin Aryadi, MM; AssDa 3 Pemkot Tangsel, Teddy Meiyadi, SE., MM; dan ratusan peserta Olimpiade Qur’an dari seluruh Indonesia. (L/R12/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)