Wakil Rektor UIN Jakarta Resmi Membuka Olimpiade Qur’an Jilid II Se-Indonesia

 

Wakil Rektor , Yusron Rozak. (Foto: Fithri/MINA)

Jakarta, 24 Rajab 1438/21 April 2017 (MINA) – Olimpiade Qur’an Jilid II se-Indonesia secara resmi dibuka di Auditorium Harun Nasution, UIN Hidayatullah Jakarta, Jumat (21/4) pagi. Pembukan dilakukan oleh  Wakil Rektor UIN Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Yusron Rozak, MA.

“Saya mengapresiasi kepada seluruh peserta dan seluruh panitia yang sudah mensukseskan acara Olimpiade Qur’an ini. Tentu saja, bagi UIN acara ini sangat penting. Karena, identitas sebagai Universitas Islam Negeri justru terletak pada pengkajian Al-Qur’an ini,” kata Yusron dalam sambutannya.

Kalau anak UIN saja tidak akrab dengan Al-Qur’an, tambah Yusron, tentu akan sulit ketika akan menyebarkan agama Islam ke masyarakat-masyarakat luas. “Oleh sebab itu, upaya Olimpiade Qur’an ini adalah upaya yang sangat sejalan dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,” ujar Yusron.

Mudah-mudahan, lanjut Yusron, bagi santriwan dan santriwati para penghafal Al-Qur’an, kelak akan menjadi bibit unggul untuk mencapai prestasi yang jauh lebih tinggi lagi.

“Bagi adik-adik hafidz dan hafidzah yang kelak ingin masuk UIN Syarif Hidayatullah, kami juga menyediakan fasilitas beasiswa bagi para hafidz dan hafidzah. Inilah bentuk penghargaan kita atas kemampuan dan keterampilan adik-adik semua dalam menghafal Al-Qur’an,” ungkap Yusron yang juga Khadim Ma’had Pesantren Nurul Quran.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Olimpiade Qur’an Jilid II se- Indonesia, Aldi Syarifullah mengatakan, dengan adanya Olimpiade Qur’an ini, pihaknya berharap masyarakat Indonesia dapat memahami, menghayati, serta memasyarakatkan Al-Qur’an dan meningkatkan ukhuwah islamiyah antar pesantren seluruh Indonesia.

Acara yang diinisiasi oleh Lembaga Tahfizh dan Ta’lim Al-Qur’an (LTTQ) Masjid Fathullah UIN Syarif Hidayatullah dan atas kerjasama dengan Mi’raj Islamic News Agency (MINA) ini mengusung tema ‘Meraih Cita, Menggapai Cinta Bersama Al-Qur’an’ berlangsung sejak 21-23 April 2017.

Cabang perlombaan yang ditawarkan adalah Olimpiade Hifzhil Qur’an (OHQ) 30 Juz, Olimpiade Hifzhil Qur’an (OHQ) 15 Juz, Olimpiade Tilawatil Qur’an (OTQ) Putra, Olimpiade Tilawatil Qur’an (OTQ) Putri, Olimpiade Fahmil Qur’an (OFQ), Olimpiade Syahril Qur’an (OSQ), dan Olimpiade Khattil Qur’an (OKQ).

Hadir dalam pembukaan tersebut, Ketua BUPERDA Masjid Fathullah, Drs. Mahmud Jalal, MA; Direktur PT. Ernandya Pratama Jakarta, Ir. H. Erwin Aryadi, MM; AssDa 3 Pemkot Tangsel, Teddy Meiyadi, SE., MM; dan ratusan peserta Olimpiade Qur’an dari seluruh Indonesia.

Lembaga Tahfizh dan Ta’lim al-Qur’an (LTTQ) adalah salah satu Lembaga yang berada di bawah naungan Masjid Fathullah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Olimpiade Qur’an se-Indonesia Jilid 2 merupakan kegiatan perlombaan tingkat nasional yang akan diikuti oleh santri dari pondok pesantren se-Indonesia. (L/R09/B05

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.