Wakil Walikota Israel Ditangkap Atas Tuduhan Pembunuhan 1999

Wali Kota di utara yang ditangkap karena dituduh terlibat pembunuhan seorang pemukim Israel.(Foto: Ynet)

Tel Aviv, MINA – Unit Kejahatan Nasional menangkap seorang Wakil Walikota di utara Israel yang kini masih menjabat, dituduh terlibat dalam pembunuhan seorang pria berusia 22 tahun pada tahun 1999 lalu.

Harian Israel Haaretz melaporkan, Kamis (3/8), penangkapan pejabat yang tidak disebutkan namanya itu beberapa pekan setelah seorang bos mafia Israel Asi Abutbul ditangkap karena diduga mempunyai peran dalam pembunuhan tersebut.

Polisi mengatakan, tersangka akan dibawa ke hadapan hakim agar penahanannya diperpanjang, demikian laporan Haaretz yang dikutip MINA.

Jenazah Arthur Rosen ditemukan tergeletak di pinggir jalan di pesisir utara kota Or Akiva. Saat penyelidikan pertama kali dibuka, kematian tersebut diyakini disebabkan oleh kecelakaan mobil.

Namun, setelah ditemukannya bukti di tempat kejadian, kecurigaan muncul bahwa Rosen telah dibunuh.

Mayat tersebut dikirim ke Forensic Medicine Institute di Abu Kabir di mana ditemukan tiga peluru di kepala Rosen. Kembali ke tempat kejadian, detektif menemukan noda darah dan peluru di tanah tempat kejadian perkara.

Abutbul, juga kepala organisasi mafia Israel, ditangkap bulan lalu karena dicurigai terlibat dalam pembunuhan Rosen, demikian laporan Harian Israel Ynet.

Abutbul, yang menjalani hukuman 17 tahun karena memimpin sebuah organisasi kriminal, ditangkap pada bulan April karena dicurigai berperan dalam pembunuhan seorang pengacara terkemuka, Yoram Hacham, yang meninggal setelah sebuah bom meledak di mobilnya pada 2008. Informasi dari kasus tersebut menyebabkan penahanan wakil walikota hari Kamis ini.

Dengan dibukanya kembali penyelidikan tersebut, polisi diharapkan mengajukan dakwaan terhadap Abutbul. Namun, setelah menolak semua tuduhan, tidak ada pernyataan jaksa yang diajukan kepadanya. (T/R01/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.