Wali Kota Jaksel Tanam Pohon Gandaria

Jakarta, MINA – Pohon nusantara khas Jakarta, gandaria, sulit ditemui atau sudah langka. Banyak orang mungkin tidak mengetahui bentuk pohon yang namanya disematkan untuk salah satu wilayah di Jakarta Selatan.

Menjawab masalah itu, Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali melakukan penanaman  di SDN 03, Jalan Madrasah, Kelurahan Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (19/9).

“Saya baru saja menanam pohon Gandaria, di kampung yang namanya dari dulu dikenal sebagai Gandaria sekarang namanya jadi Kelurahan Gandaria Selatan berseberangan dengan Kelurahan Gandaria Utara,” kata Marullah.

Saat ini, kata Marullah, pohon gandaria sudah menjadi pohon yang langka di Jakarta. Tujuan penanaman pohon itu agar masyarakat kembali tahu dan melihat seperti apa pohon gandaria.

“Sekarang kalau kita cari pohon gandarianya sepertinya tidak ketemu. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal ini mencanangkan sebuah kegiatan penanaman tanaman Khas Jakarta guna mencari kembali pohon khas ini,” terangnya.

Marullah menjelaskan pohon gandaria adalah pohon yang keras dan tidak cepat tumbuh. Tapi ia berharap penanaman pohon gandaria itu bisa tumbuh subur agar generasi mendatang dapat melihat dan tahu bahwa pohon gandaria ini adalah tanaman khas Jakarta.

“Bukan hari ini, bukan besok, bukan tahun depan, tapi nanti anak cucu kita bisa melihat lagi. ‘Oh jadi yang namanya pohon gandaria itu, ini pohonnya,'” ujarnya.

Ia berpesan kepada pihak kecamatan, kelurahan dan Sekolah SDN 03 yang menjadi tempat lokasi penanaman pohon untuk menjaga dan merawat pohon gandaria ini dengan baik.

“Kalau anak kita tidak mengerti mana pohon gandaria, mati obor mereka. Nah kita tunjukkan sekarang kita tanam pohon. Mudah-mudahan beberapa tahun ke depan pohon ini menjadi tumbuh dengan baik, tumbuh subur dan menjadi penanda, bahwa kampung Gandaria punya pohon gandaria,” kata Marullah.

Pada kesempatan itu, Wali Kota didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Selatan Sri Yuliani, Camat Cilandak Tommy Fudihartono, Kabag PKLH Jakarta Selatan Bambang E Prabowo, Kasudin KPKP Jakarta Selatan Wachyuni, serta instansi terkait lainnya. (L/R11/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Zaenal Muttaqin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.