Wapres: Nilai Utama AKHLAK BUMN Jadi Modal Menangi Kompetisi

Jakarta, (MINA) – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan, nilai-nilai utama Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK) yang dimiliki perusahaan Badan Usaha Milik Negara () adalah modal untuk memenangi kompetisi.

“AKHLAK BUMN sebagai core value (nilai inti) seyogyanya menjadi pijakan untuk naik kelas serta modal untuk menang dalam berkompetisi,” kata Wapres dalam sambutan secara daring ditayangkan acara Refleksi 2 Tahun AKHLAK BUMN-AKHLAK Award 2022, di Jakarta, Selasa (5/7).

Ma’ruf berharap kesadaran bersama atas pentingnya AKHLAK bagi seluruh sumber daya manusia BUMN semakin terbangun. Melalui penerapan nilai dasar AKHLAK secara nyata dan konsisten, BUMN diharapkan betul-betul bekerja unggul dan kompetitif demi Indonesia bersih, bebas korupsi, dan maju menuju pencapaian visi Indonesia 2045.

“Di luar perannya sebagai agen pembangunan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat, BUMN juga dituntut untuk menjadi agen pencipta nilai, yang mana kontribusi BUMN kepada negara diharapkan senantiasa meningkat seiring dengan perkembangan total aset dan ekspansi bisnisnya,” katanya.

“BUMN harus meninggalkan pola pikir bahwa BUMN akan selalu diselamatkan apabila berkinerja buruk atau berkasus,” kata Wapres Ma’ruf.

Menurutnya, jika pemikiran semacam ini terus melekat maka BUMN bisa saja mengalami keruntuhan yang pada akhirnya akan berdampak buruk pada layanan masyarakat dan perekonomian negara.

Wapres meminta, BUMN senantiasa menyiapkan mental adaptif dan menciptakan resiliensi sehingga, BUMN mampu bertahan di tengah beragam ancaman disrupsi dan perubahan dunia dan tidak terjebak di zona nyaman.

“BUMN selayaknya terus meng-upgrade diri seiring dengan kemajuan zaman hingga berhasil mewujudkan cita-cita BUMN Indonesia yang mendunia,” jelasnya. (R/R4/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA

Wartawan: kurnia

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.