Wapres: Pemerintah Ganti Hari Libur Idul Fitri Pada Idul Adha

Dok foto: wapresri.go.id

Jakarta, MINA – Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin mengatakan, pemerintah akan mengganti hari libur Idul Fitri kali ini di waktu lain, yaitu pada saat Idul Adha (Hari Raya Haji).

“Kita sebenarnya kalaupun tidak bisa sekarang (libur lebaran), kita bisa menundanya. Insya Allah pemerintah akan menggeser libur lebaran ini. Mungkin ke saat nanti libur panjangnya digeser ke Idul Adha, jadi lebaran haji,” kata Ma’ruf dalam keterangan persnya di kediaman Dinas Wapres, Jakarta Pusat, Rabu (20/5).

Walaupun pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus, corona baru (COVID-19), silaturahmi tetap dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi.

“Syukur alhamdulillah, kita sekarang walaupun tidak bisa bertatap muka, kita [dapat] bersilaturahim melalui media secara virtual. Kita bisa melalui WA (aplikasi WhatsApp), melalui telepon, bahkan kita bisa melalui teleconference. Sekarang ini kita bisa melakukan tanpa harus bertemu, dan ini juga bantuan teknologi, alhamdulillah,” katanya.

Oleh karena itu, Ma’ruf mengimbau agar kegiatan silaturahmi secara langsung dapat ditunda sementara dan diganti pada waktu lain, yaitu pada saat Hari Raya Idul Adha.

“Kita tinggal menggeser sedikit, mudah-mudahan Idul Adha coronanya sudah hilang sehingga kita bisa bertemu dan bersilaturahim, hanya menggeser waktunya,” kata Ma’ruf.

“Karena itu marilah kita bersabar. Kita pendam dulu untuk bertemu secara langsung, yaitu untuk kemaslahatan kita, kemaslahatan orang tua kita, kemaslahatan masyarakat semuanya, yang intinya fungsi silaturahimnya tidak hilang karena kita bisa melakukannya secara virtual. Selamat Hari Raya Idulfitri, maafkan lahir dan batin,” pungkasnya. (R/R6/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)