Wapres: SDM Unggul Kunci Menangkan Persaingan Global

Jakarta, MINA – Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin menjelaskan, Sumber Daya Manusia () unggul merupakan kunci untuk memenangkan . Peningkatan kapasitas SDM merupakan salah satu prioritas utama dalam pembangunan pemerintah yang dapat dicapai diantaranya melalui pendidikan.

Hal itu dikatakan dalam acara Wisuda Universitas Terbuka Periode Kedua Tahun Akademik 2019-2020 secara virtual, Selasa (21/7) di Jakarta.

“Dalam mengembangkan SDM unggul, sebuah lembaga pendidikan tidak hanya cukup mengandalkan pembelajaran teoritis semata, tapi juga harus dapat menangkap berbagai dinamika dalam masyarakat dan menjadi katalisator peningkatan kapasitas masyarakat,” terang Ma’ruf, demikian keterangan yang diterima MINA.

Menurutnya, selain penyempurnaan kualitas pendidikan yang berbentuk hard skills sesuai bidangnya, juga perlu didorong pengembangan soft skills atau pendidikan untuk meningkatkan kemampuan interpersonal.

“Pendidikan karakter juga menjadi landasan bagi generasi muda untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia, seperti sopan santun, saling menghargai dan menghormati, serta toleran,” Ma’ruf.

Ia juga menambahkan, pendidikan karakter perlu dilaksanakan dalam porsi yang sama dengan pendidikan kompetensi dan diberikan dengan cara-cara yang inovatif dan kreatif agar tetap menarik. (R/SRT/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.