Warga Dukung Petani Ramallah Menentang Aneksasi Israel

Ramallah, MINA – Warga di Tepi Barat yang diduduki telah sadar untuk mendukung petani lokal membantu menghadapi upaya Israel mencaplok lahan pertanian mereka.

Relawan kelompok Sharaka, bekerja sama dengan Pusat Kebudayaan Khalil Sakakini, meluncurkan “Souk El-fallaheen”, pekanan dimulai bulan ini dan merupakan yang pertama digaungkan Palestina.

Petani Palestina menjual hasil pertaniannya kepada pedagang untuk dijualnya ke toko-toko, dengan mengambil keuntungan dari mereka. Para petani Palestina sendiri sering mendapatkan margin laba rendah atau rugi ketika mereka mencoba bersaing dengan barang-barang berkualitas rendah yang membanjiri pasar tersebut.

Akibatnya, para petani Palestina meninggalkan kehidupan bertaninya karena tanah mereka direbut. Ini berdampak kepada warga Palestina yang menentang pendudukan Israel karena itu membuat Israel lebih mudah merebut tanah itu.

Sebaliknya, Pasar Petani memberi produsen skala kecil platform untuk mempromosikan produk mereka langsung ke konsumen dengan harga yang jauh lebih rendah dan memungkinkan warga Ramallah berbelanja sayuran musiman lokal, roti tradisional, dan makanan buatan rumah. Selain itu, mempromosikan praktik ramah lingkungan.

Bentuk Perlawanan Palestina

Lina Ismael – salah satu sukarelawan Sharaka yang mengatur pasar petani itu – berpikir dengan ketidakmampuan petani memanen dan memasarkan produk mereka telah membuat mereka tidak mau menanam lagi sejak awal, banyak diantara mereka yang meninggalkan kegiatan pertanian dan ini memberikan kesempatan Israel mencaplok wilayah-wilayah vital.

Bagi orang-orang Palestina, tanah tidak hanya merupakan sumber makanan, tetapi juga berarti perlawanan, kebebasan dan kedaulatan, sementara para petani dianggap sebagai pembela tanah.

Lina mengatakan tujuan pasar adalah untuk mendukung petani skala kecil dengan memungkinkan mereka untuk menjual produk mereka langsung ke konsumen dengan harga yang wajar di lingkungan yang memungkinkan interaksi sosial. Ini pada gilirannya memungkinkan mereka untuk tetap di tanah mereka dan melindunginya dari penyitaan.

Naser Rabie dan istrinya Muna, yang berasal dari desa Turmusayya, utara Ramallah, menjual tomat, cukini, keju, dan banyak produk lainnya di pasar.

“Pasar adalah peluang yang sangat bagus untuk menjual dengan harga bagus hasil panen tanah saya yang terletak di dekat pemukiman. Pasar Petani mendorong saya untuk terus mengolah tanah saya dan tahun depan saya akan menanam lebih banyak tanah, ”jelas Naser.

Sementara Samer Nowwar, seorang anggota koperasi pemuda yang beranggotakan sembilan orang dari desa Saffa, sebelah barat Ramallah, datang untuk menjual produknya dari minyak zaitun, tepung terigu, dan zaatar (thyme). “Kami memulai proyek kami tahun lalu dengan mengolah 35 dunum tanah; tujuan kami adalah mencari nafkah bertani. Kami berpikir bahwa dengan cara ini kami berkontribusi tidak hanya dalam produksi tetapi juga dalam melindungi tanah kami agar tidak direbut oleh pendudukan Israel. ”

Pasar, ia menambahkan, “Memberi kami platform untuk menjual produk kami dan menceritakan kisah kami karena bangga dengan produk kami dan tanah kami.”

Konsumen juga senang dengan pasar, Mary dan Juwana Diek warga Palestina mengungkapkan di sini kita dapat berbicara dengan produsen dan belajar dari mereka bagaimana mereka berproduksi, kami mendengarkan tantangan yang mereka hadapi dan cerita mereka karena masing-masing dari mereka memiliki cerita yang berbeda dan paling penting: diproduksi oleh tangan Palestina. ” (AK/R4/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.