Warga Palestina Lakukan Aksi Solidaritas Dukung Para Tahanan

Ramallah, MINA – Warga Palestina di sebagian besar  Tepi Barat melakukan aksi solidaritas “Selasa Merah” Selasa malam (14/3/2023), untuk mendukung para tahanan di penjara-penjara pendudukan Israel.

Warga di kota Jenin, Tepi Barat Laut, ikut berpartisipasi dalam sikap solidaritas, sebagai tanggapan atas seruan dari Komite Darurat Nasional Tertinggi untuk Gerakan Tawanan Nasional. Quds Press melaporkan.

Beberapa pembicara menegaskan dukungan untuk para tahanan, mengecam keputusan pemerintah pendudukan yang berusaha mengesahkan undang-undang “mengeksekusi tahanan” dan merampas hak-hak paling dasar mereka.

Para peserta mengangkat foto para tahanan, spanduk dan slogan menyerukan masyarakat internasional memikul tanggung jawabnya, dan menekan pemerintah pendudukan menghentikan langkah-langkahnya merusak hak-hak para tahanan.

Klub , sebuah organisasi hak asasi manusia yang berbasis di Ramallah, juga menyelenggarakan kegiatan untuk mendukung para tahanan di kota Hebron. Para pembicara menekankan pentingnya mendukung gerakan tawanan, dan kemenangannya di semua tingkatan.

Puluhan warga juga berpartisipasi di kota Qalqilya, mendukung para tahanan.

Mereka mengangkat foto-foto para tahanan, dan spanduk “Kami semua bersama para tahanan” dan “Tahanan kami adalah garis merah.”

Jumlah tahanan warga Palestina di penjara pendudukan saat ini sekitar 4.780 orang, termasuk 29 tahanan wanita dan 160 anak, menurut lembaga hak asasi manusia. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.