Warga Palestina Serukan Solidaritas atas Bencana Sudan

Gaza, MINA – Warga di Jalur Gaza berpartisipasi dalam aksi solidaritas atas bencana banjir yang melanda Sudan.

Aktivis solidaritas membawa slogan yang menyerukan umat Islam di dunia untuk mendukung Sudan dan berdiri di sampingnya untuk mengatasi cobaan beratnya. Quds Press melaporkan, Ahad (15/9).

“Kami berdiri hari ini dalam solidaritas untuk rakyat Sudan dan menyampaikan pesan kepada seluruh dunia bahwa rakyat di Sudan sangat menderita karena banjir yang menewaskan lebih dari 100 warga dan lebih dari 100 ribu rumah,” kata Diab Al-Jarro, Walikota Deir Al-Balah, Jalur Gaza Tengah.

Dia menekankan, rakyat Palestina berdiri bersama rakyat Sudan walaupun hanya bisa dengan berdoa atau berbicara.

“Rakyat Sudan selalu berdiri bersama rakyat kami dalam keadaan yang paling sulit dan tidak ragu untuk berdiri di samping rakyat kami dan semua orang yang tertindas di muka bumi, dan menyatakan harapannya agar tragedi ini dapat diatasi,” katanya.

Tokoh masyarakat Maher Al-Hawali, mengimbau kepada bangsa Arab dan Islam untuk menawarkan bantuan kepada rakyat kami di Sudan.

“Sikap ini muncul dari rasa tanggung jawab, kewajiban, moral dan etika, dan persaudaraan Islam dan kemanusiaan,” tuturnya.

Sejak awal musim hujan pada bulan Juni, jumlah korban banjir akibat hujan di Sudan telah mencapai 106 orang, menurut pernyataan Kementerian Dalam Negeri Sudan, Sabtu (12/9).

Pada tanggal 5 September, Dewan Pertahanan dan Keamanan Sudan mengumumkan keadaan darurat di seluruh negeri untuk jangka waktu 3 bulan untuk menghadapi hujan deras dan banjir, menganggapnya sebagai “daerah bencana alam.” (T/RS2/)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.