Yaman Seru Komunitas Internasional Hentikan Tindakan Iran

Ilustrasi: npasukan pemerintah Yaman. (Foto: dok. AA)

Aden, MINA – Pemerintah menyerukan komunitas internasional agar mengambil langkah-langkah untuk menghentikan tindakan yang merusak keamanan regional dan internasional.

“Kami menyerukan komunitas internasional, anggota tetap PBB & SC untuk mengambil sikap & langkah tegas untuk menghentikan aktivitas Iran yang mengganggu stabilitas perdamaian & keamanan regional & internasional, sebagai pelanggaran mencolok terhadap hukum & resolusi internasional & tantangan terang-terangan untuk upayanya untuk memaksakan perdamaian di Yaman,” kata Menteri Penerangan Yaman Moammar Al-Eryani di Twitter, Kamis (2/3/2023), Anadolu Agency melaporkan.

Al-Eryani mengatakan, pasukan maritim gabungan yang dipimpin Angkatan Laut AS dan Angkatan Laut Kerajaan Inggris berhasil mencegat tujuh aksi penyelundupan senjata dalam tiga bulan terakhir.

Dia menambahkan bahwa selama operasi, pasukan menyita 5.000 senjata, 1,6 juta butir amunisi, 7.000 sekering untuk rudal, 2.100 kg bahan bakar yang digunakan untuk meluncurkan granat berpeluncur roket dan 30 rudal anti-tank, peluru kendali, dan rudal balistik.

Penyelundupan senjata Iran meningkat untuk militan Houthi di Yaman.

Yaman telah dilanda kekerasan dan ketidakstabilan sejak 2014, ketika pemberontak Houthi yang bersekutu dengan Iran merebut sebagian besar negara, termasuk ibu kota, Sana’a. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.