Yayasan Baitul Maal PLN Bersama DD, Gulirkan Pemberdayaan Masyarakat Semongkat

Sumbawa, NTB – Yayasan Baitul Maal PLN ()), lembaga profesional yang mengelola dana zakat dari seluruh lingkungan PT PLN (Persero) di Indonesia), menggandeng Dompet Dhuafa kembali menjejak manfaat program pemberdayaan masyarakat

Program yang digulirkan terdiri dari budidaya jahe, ikan nila, dan pohon produktif seperti jenis mangga, durian, rambutan serta manggis. di Semongkat, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, demikian keterangan yang diterima MINA.

Kamaludin selaku Senior Officer Program Ekonomi Dompet Dhuafa menyampaikan, program ini merupakan sinergi Dompet Dhuafa bersama YBM PLN dalam rangka mendorong Dusun Semongkat menjadi desa wisata yang diawali dengan penumbuhan potensi-potensi komoditas yang dikelola masyarakat.

Dusun Semongkat yang terletak di Desa Kelungkung, Kecamatan Batulanteh, Kabupaten Sumbawa, NTB, terkenal dengan potensi alam yang melimpah. Dikelilingi perbukitan dengan ketinggian antara 250-800 meter di atas permukaan air laut, membuat wilayah ini sangat cocok dengan budidaya aneka raga tumbuhan.

Pihak YBM PLN UP3 Sumbawa, Khusnul Mubarok, mengatakan bahwa inisiatif ini merupakan salah satu wujud kebaikan bersama untuk mewujudkan kesejahteraan ummat.

“Dalam berbuat baik kita butuh niat yang baik untuk menghasilkan output yang baik,” ucapnya.

“Melalui kerjasama serta dukungan semua pihak percepatan Desa Semongkat menjadi desa wisata akan terwujud dan akan membawa dampak positif bagi peningkatan dan kesejahteraan masyarakat,” jelas Kamaludin.

“Desa cahaya merupakan ikhtiar YBM PLN dalam mencapai visi lembaga, memberdayakan Mustahik menjadi Muzaki. Semoga menjejak manfaat YBM PLN bersama Dompet Dhuafa di Desa Semongkat mewujudkan impian masyarakat, berdaya dan bermanfaat bagi alam,” ucap Salman Alfarisi, Deputi Direktur YBM PLN.

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 27 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.