Yordania Gelar Pameran Perdagangan dan Jasa di Damaskus

Damaskus, MINA – menggelar pameran perdagangan dan jasa yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang Suriah bekerjasama dengan Federasi Kamar Dagang Yordania, di ibukota Suriah, Damaskus, yang dimulai Selasa malam (18/1).

Pameran ini juga sebagai bukti membaiknya hubungan kedua negara setelah sembilan tahun bermasalah.

Menurut Kantor Berita Petra, pameran diresmikan oleh Menteri Ekonomi dan Perdagangan Luar Negeri Suriah, Muhammad Samer Al-Khalil, dengan partisipasi 50 perusahaan lokal dan 127 pengusaha.

Perusahaan yang berpartisipasi terbagi dalam sektor perdagangan, teknologi informasi dan komunikasi, energi terbarukan, universitas, rumah sakit, transportasi, logistik, pariwisata, pertanian, dan peralatan mesin.

Kepala Kamar Dagang Yordania, Nael Kabariti, mengatakan tujuan dari pameran ini adalah untuk memperkuat hubungan komersial kedua negara untuk membangun kemitraan ekonomi strategis berdasarkan pemahaman, kerja sama, dan koordinasi bersama.

Menurut angka perdagangan luar negeri yang dikeluarkan oleh Departemen Statistik di Yordania; Nilai ekspor Yordania ke Suriah mencapai 45 juta dinar dalam 10 bulan tahun lalu, dibandingkan dengan impor 40 juta dinar tahun sebelumnya.

Hubungan antara Amman dan Damaskus mengalami percepatan normalisasi selama beberapa bulan terakhir, terutama kunjungan dan kontak tingkat tinggi, panggilan telepon antara Presiden Suriah Bashar al-Assad dan Raja Yordania Abdullah II pada 3 Oktober 2021.

Pembukaan kembali zona bebas bersama Suriah-Yordania, dimulai dengan kegiatan komersial ekonomi pada 1 Desember, dan dimulainya kembali penerbangan antara kedua negara pada 3 Oktober setelah vakum selama sembilan tahun. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.