Yordania Tutup Makam Harun, Imam Besar Yahudi

Makam Nabi Harun di Petra, Yordania. (Foto: Wiki)

Amman, MINA – Pemerintah Yordania pada hari Kamis menutup Makam Harun bagi para pengunjung tanpa izin, setelah dikatakan bahwa sekelompok jamaah Israel berdoa di situs itu  tanpa izin.

Harun adalah imam besar alkitabiah bagi umat Yahudi dan saudara lelaki Musa, makamnya berada di Gunung Hor, dekat Petra, di sebuah tempat yang dikenal secara lokal sebagai Jabal Haroun

Menurut laporan Yordania yang dikutip oleh media berbahasa Ibrani, Menteri Wakaf Abdul Nasser Musa Abu Al-Basal yang mengontrol urusan Islam dan situs-situs suci, membuat keputusan setelah sebuah video beredar secara online tentang para peziarah Yahudi yang berdoa di Makam Harun.

Ia mengatakan itu adalah kegiatan ibadah ilegal, demikian Times of Israel melaporkan.

Abu Basl mengatakan kepada Al Mamlaka TV, saluran yang didanai negara, pada Kamis (1/8) bahwa ia memutuskan menutup makam tersebut setelah “pelanggaran Israel” di situs tersebut dan “pelaksanaan ritual tanpa sepengetahuan Kementerian.”

Seorang pemandu wisata Israel yang memimpin kelompok itu menyangkal bahwa para wisatawan melakukan ibadah di makam Harun di gunung Hor dan mengatakan bahwa kunjungan tersebut telah dikoordinasikan.

Sebagian orang Yahudi percaya Harun dimakamkan di gunung itu, tapi sebagian yang lain menyatakan keraguan bahwa makamnya terletak di sana. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)