Yusuf al-Qardawi Ajak Ulama Berkarya Bangkitkan Islam

Ulama Mesir, Syekh Dr Yusuf Qardhawi. (Photo: Memo)

Istanbul, MINA – Ulama Muslim harus bekerja untuk membuat komunitas Muslim kuat kembali, kata , Ketua , dalam sebuah konferensi ilmiah berjudul “The pledge of the learned in the constants of Islam” di Istanbul, Senin 6/11).

“Islam telah menyebar dari Jazirah Arab ke Cina, dari Samarkand sampai ke semenanjung India, Asia dan Eropa dalam waktu singkat. Sekarang, adalah tugas kita untuk mengembalikan kemuliaan bangsa Islam kembali ke tingkat masa itu, kembali ke masa umat Islam menjadi penguasa dunia. Inilah janji kita kepada umat,” kata Al- Qaradawi.

Pertemuan Dewan Pengawas IUMS ke-5 dihadiri oleh Al-Qaradawi serta Wakil Ketua Direktorat Keagamaan Turki, Selim Argun, dan cendikiawan lainnya dari seluruh dunia.

Para ulama membahas konflik di dunia Islam dan peran ulama Muslim dalam memecahkan masalah ini, menyerukan kebangkitan komunitas Muslim, Anadolu melaporkan, Selasa (7/11).

Al-Qaradawi mengatakan ulama harus berusaha membuat komunitas Muslim kuat kembali.

“Jika kita meringkas pesan Nabi Muhammad dalam satu kata, kita akan mengatakan itu adalah ‘rahmat’. Rahmat untuk semua ciptaan,” ujarnya.

Ia menambahkan ulama yang memikul pesan Islam harus membuka jalan bagi umat dan meneruskannya.

Dalam deklarasi penutup, IUMS menyampaikan apresiasinya terhadap kemajuan yang diraih sejak perhimpunan itu dilahirkan, menyerukan untuk meneruskan penyuluhan, pengajaran ilmiah, peningkatan kesadaran, dan pesan inovatif bagi masyarakat Islam. (T/R11/RS3)

Miraj News Agency (MINA)