SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

10 Pemain Indonesia U-16 Kalah Terhormat 3-5 Lawan Australia

Rudi Hendrik - Senin, 1 Juli 2024 - 22:48 WIB

Senin, 1 Juli 2024 - 22:48 WIB

34 Views

Mierza Firjatullah mencetak brace goal pada laga melawan Filipina dalam laga kedua Grup A Kejuaraan Remaja U-6 AFF di Stadion Manahan Surakarta, Jawa Tengah, Senin malam, 24 Juni 2024. (Foto: PSSI)

Solo, MINA – Timnas sepak bola Indonesia yang bertanding dengan 10 pemain melawan Australia di babak semifinal Piala AFF U-16 2024 kalah terhormat 3-5 setelah berjuang gigih.

Bertanding di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah pada Senin malam (1/7), I Putu Panji dkk berjuang keras dengan kondisi kalah jumlah pemain.

Di menit pertama, Indonesia dikejutkan oleh serangan Australia, tetapi masih bisa diselamatkan.

Garuda Muda justru mencetak gol pada menit ke-3 oleh sundulan Muhammad Zahaby Gholy yang menyambut dengan baik umpan jauh dari sisi kanan wilayah Australia. Skor 1-0 untuk Garuda Muda.

Baca Juga: Perebutan Juara Tiga Piala AFF U-16, Indonesia Hadapi Vietnam

Pada menit ke-19, Raihan Apriansyah menjatuhkan pemain Australia di garis wilayah penalti. Wasit sempat menunjuk titik putih untuk Australia.

Namun, hasil cek VAR menunjukkan bahwa pemain Australia dilanggar di luar garis, sehingga hukuman diubah menjadi tendangan bebas. Akan tetapi, pemain Australia nomor punggung 11, Amlani Tatu, sangat baik menendang bola masuk ke sisi kanan gawang. Skor imbang 1-1.

Petaka melanda Timnas Indonesia ketika Raihan yang sudah berbekal kartu kuning dengan keras melanggar Tatu. Wasit mengeluarkan kartu kuning kedua untuk Raihan yang berbuah kartu merah.

Indonesia pun bertanding dengan sepuluh pemain.

Baca Juga: China Juarai Badminton Asia Junior Championship 2024

Kalah jumlah pemain ternyata tidak membuat Mierza Firjatullah dkk kehilangan peluang dalam menyerang. Sejumlah tendangan sudut dan bebas dibuat, tetapi belum mampu dikonversi menjadi gol.

Pada masa injury time babak pertama, bola yang lepas dari tangkapan kiper Nur Ichsan ditendang kencang oleh Quinn Macnicol. Bola masuk ke gawang Indonesia. Skor 2-1 untuk Australia pada menit ke 45+3.

Tertinggal satu gol, Mierza dkk langsung menggebrak di menit yang tersisa sebelum rehat. Upaya itu berhasil. Tendangan roket Gholy dari luar daera gawang keras masuk ke gawang Australia pada menit ke 45+5.

Waktu turun minum menyematkan skor 2-2.

Baca Juga: Kontingen Pencak Silat PON Papua Jalani Tryout di Pulau Jawa

Pada babak kedua, Indonesia mampu memberi ancaman berulang kepada Australia. Namun, kesalahan pemain belakang Indonesia dalam mengantisipasi umpan jauh Australia justru membuat Tatu dengan mudah langsung menendang bola ke gawang Indonesia pada menit ke-66.

Keunggulan Australia kembali menambah golnya pada menit ke-71, saat Stipe Didulica dengan sempurna menyelesaikan umpan kepadanya di depan gawang Indonesia. Skor 4-2 untuk Australia.

Didulica kembali mencetak golnya pada menit ke-86 dengan sundulan. Kiper Nur Ichsan tidak bisa menjangkau bola yang masuk ke sudut atas gawang. Skor 5- bagi Australia.

Pada menit ketiga pertambahan waktu, tendangan bebas Indonesia sukses berbuah gol setelah sundulan ke belakang Josh Holong masuk ke sudut kanan gawang Australia. Skor 3-5 untuk anak asuh pelatih Nova Arianto.

Baca Juga: Fadlan Prawira Raih Medali Emas Pada 2nd SEA OWS 2024

Pada akhirnya, wasit meniup peluit panjang.

Hasil ini membuat Australia akan melawan Thailand di partai final dan Indonesia akan bertemu Vietnam. []

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: PSSI Resmi Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Rekomendasi untuk Anda

MINA Sport
MINA Sport
MINA Sport
MINA Sport
MINA Sport