10 Siswa Gaza Diskusikan Pengalaman dan Tantangan yang Dihadapi

, MINA – Sepuluh di Gaza mengambil bagian dalam Klub TED-Ed, mendiskusikan pengalaman dan tantangan yang mereka hadapi, hidup di bawah pendudukan dan pengepungan.

Salah seorang siswa, Lianne Abu Shaaban, berbicara tentang kengerian yang dia alami dalam perang terakhir. Dia menceritakan bagaimana orang tuanya mencoba menjelaskan peristiwa itu kepadanya saat mereka mengalami kuatnya setiap ledakan, demikian dikutip dari MEMO, Jumat (10/6).

“Saya tidak bisa tidur sampai tiga pekan setelah perang, dan orang tua saya tidak tahu bagaimana memperlakukan kami dalam situasi ini. Di platform ini, saya menemukan kesempatan untuk membicarakan hal ini dan reaksi yang saya miliki. Saya dapat menjelaskannya kepada dunia,” kata Lianne.

“Saya mengimbau orang-orang: Selamatkan kami dan selamatkan masa kecil kami,” katanya.

Pembicaraan Rania Al-Mashrawi berkisar pada gagasan kebebasan. “Saya lahir dan mengalami perang dan pengepungan. Saya menemukan diri saya dalam kegelapan, dengan kekurangan listrik dan air, dan penutupan penyeberangan. Saya sampai ke titik di mana saya tidak bisa menonton film secara lengkap,” jelasnya.

“Ketika saya melihat ke langit, saya melihat roket, Gaza adalah penjara terbesar di dunia. Semuanya di sini diblokir. Saya tidak bisa hidup bebas. Saya memiliki pengalaman bepergian baru-baru ini ke Bahrain. Saya terkejut. Saya menemukan gedung-gedung tinggi dan jalan-jalan yang lebar dan luas. Hidup bukan hanya perjalanan, tetapi psikologi, interaksi, budaya, dan pertukaran antar masyarakat,” katanya.

“Saya hadir ke platform ini untuk berbicara tentang kegelapan ini dan saya berharap pesan saya telah mencapai khalayak luas,” tambahnya.

Program Student Talks TED-Ed mendukung siswa saat mereka menemukan, mengeksplorasi, dan mempresentasikan ide-ide besar dalam bentuk ceramah pendek bergaya TED.

Hanya pendidik di sekolah atau organisasi pendidikan yang dapat mengajukan aplikasi. Ketika seorang pendidik disetujui, mereka menerima akses ke buku panduan dengan instruksi aktivitas dan jurnal ide untuk siswa.

Program Student Talks TED-Ed beroperasi pada model trimester. Aplikasi ditinjau dan disetujui tiga kali setahun dan diberikan akses ke sumber daya selama 12 bulan sejak tanggal persetujuan. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)