Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

127 Warga Gaza Tiba di Malaysia untuk Dirawat

Rana Setiawan Editor : Arif R - Jumat, 16 Agustus 2024 - 21:56 WIB

Jumat, 16 Agustus 2024 - 21:56 WIB

160 Views

Ke-127 warga Palestina tersebut termasuk di antara banyak pengungsi yang mencari perlindungan di Mesir setelah lolos dari serangan Israel yang terus berlanjut di Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 40.000 orang.(Foto: Free Malaysia Today)

Kuala Lumpur, MINA – Sebanyak 127 warga Palestina dari Gaza tiba di pangkalan udara Subang Jaya, Malaysia, Kamis malam (15/8), untuk mendapatkan perawatan medis di Malaysia, atas bantuan Angkatan Udara Kerajaan Malaysia (RMAF).

Menurut laporan Free Malaysia Today, mereka terdiri dari 41 pasien dan 86 kerabat dekat mereka, berusia antara delapan bulan dan 62 tahun.

Setelah melakukan perjalanan dari Bandara Pangkalan Angkatan Udara Almaza di Mesir dengan dua pesawat Airbus A400M milik RMAF, mereka termasuk di antara yang mencari perlindungan di Mesir setelah lolos dari serangan Israel yang terus berlanjut di Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 40.000 orang.

Menteri Pertahanan Malaysia Khaled Nordin mengatakan, pasien tersebut sakit kronis dan sebagian besar menderita trauma dan cedera fisik.

Baca Juga: Bawa Isu Palestina, Festival Film Dokumenter AJB DOC Dimulai Besok

Pada 4 Agustus lalu, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan pemerintah akan membantu merawat warga Palestina dari Gaza yang terluka. Duta Besar Mesir Ragai Nasr dilaporkan mengatakan negaranya saat ini merawat 70.000 warga Palestina di 40 rumah sakit.

Sementara itu, Khaled mengatakan rencana untuk membawa pasien Palestina dan keluarga mereka ke Malaysia dari Mesir akan berlangsung selama dua bulan, dengan mempertimbangkan bahwa serangan Israel juga menargetkan rumah sakit lapangan.

“Rencana ini sangat berisiko, karena militer Israel tidak pandang bulu (dalam serangannya),” katanya.

Sementara itu, Duta Besar Palestina Walid Abu Ali berterima kasih kepada pemerintah Malaysia karena setuju untuk memberikan perawatan medis kepada warga Palestina.

Baca Juga: Organisasi HAM Rohingya Desak India Bebaskan Pengungsi yang Mogok Makan

“Saya yakin warga Palestina yang tiba di Malaysia akan menganggapnya sebagai rumah kedua mereka,” katanya.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Universitas Berkeley Luncurkan Program Studi Palestina-Arab Pertama di AS

Rekomendasi untuk Anda