Positif Corona, 14 Warga AS Dievakuasi dari Kapal Pesiar

Los Angeles, MINA – Pihak berwenang di AS mengkonfirmasi, 14 warganya yang dievakuasi dari kapal pesiar Diamond Princess di lepas pantai Jepang dan diterbangkan kembali ke AS pada Ahad malam (16/2) dan Senin pagi dinyatakan positif terkena virus corona.

Para pasien itu termasuk di antara lebih dari 300 warga AS yang dipindahkan dari kapal tersebut, yang berlabuh di kota pelabuhan Jepang, Yokohama. CBS Los Angeles melaporkan.

Warga pun diterbangkan ke pangkalan militer di California Utara dan Texas, menurut pernyataan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS.

Menurut pejabat setempat, para penumpang lainnya diperiksa dua hingga tiga hari sebelum penerbangan evakuasi.

Tidak jelas berapa banyak pasien yang terkena virus corona dalam setiap penerbangan.

Setelah penerbangan mendarat, setiap penumpang yang mengalami gejala pada penerbangan dan mereka yang sudah dites positif akan diangkut ke “lokasi yang sesuai untuk isolasi dan perawatan lanjutan.”

Pada hari Jumat, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengkonfirmasi bahwa laboratorium Los Angeles akan mengambil bagian dalam pengujian pasien yang menunjukkan gejala mirip flu untuk virus corona.

Pekan lalu, sebuah karantina berakhir untuk hampir 200 pengungsi AS yang diterbangkan dari kota Wuhan di Cina, tempat virus corona diyakini bermula. (T/RS2/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)