SEBANYAK 14 WARGA AS BANTU BIAYA KAMPANYE NETANYAHU

Perdana Menteri israel, Benjamin Netanyahu. (Foto: TimesofIsrael)
Perdana Menteri israel, Benjamin Netanyahu. (Foto: TimesofIsrael)

Tel Aviv, 28 Shafar 1436/21 Desember 2014 (MINA) –  Sebuah laporan mengatakan 14 orang Amerika dan satu orang Spanyol telah mendanai kampanye Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk mempertahankan posisinya  sebagai ketua partai Likud, di tengah tekanan banyak pihak yang tidak mendukungnya.

Surat kabar Israel Haaretz melaporkan pada Sabtu, Netanyahu telah  mengumpulkan lebih dari 137 ribu dolar AS (lebih dari 1,5 miliyar rupiah)  selama masa kampanyenya, Press TV yang dikutip MINA melaporkan.

“Jumlah tersebut berasal dari 15 donor, yang semuanya berasal dari luar negeri. Empat belas berasal dari Amerika Serikat, sementara satu dari Spanyol,” lapor media Israel itu.

Para donatur termasuk empat anggota keluarga Falic yang berbasis di Miami dan Kenneth Abramowitz, yang mengepalai Teman Amerika Likud.

Laporan menambahkan saingan utamaNetanyahu dalam merebut kepemimpinan  Likud, Danny Danon, menerima lebih dari 66 ribu dolar AS dari 11 donor. Dikatakan bahwa 10 dari  donaturnya hidup di Amerika Serikat.

Partai Likud akan mengadakan pemilihan ketua pada 31 Desember mendatang, dan pemenang akan memimpin partai ke dalam pemilu parlemen (Knesset) pada 17 Maret tahun depan.

Awal bulan ini, Netanyahu menyerukan pembubaran parlemen setelah memecat Menteri Kehakiman Tzipi Livni dan Menteri Keuangan Yair Lapid dari koalisinya.

Kedua menteri itu dipecat karena  mengkritik langkah Netanyahu menyampaikan rencana undang-undang negara yahudi yang kontroversial ke Knesset.

Sebuah jajak pendapat terbaru menunjukkan dukungan untuk Netanyahu turun mulai dari 77 persen pada Agustus menjadi 38 pada Desember.(T/R04/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Comments: 0