1400 TAHANAN PALESTINA BUTUH PERTOLONGAN MEDIS

Gaza City, Jakarta, 25 Jumadil Akhir 1435/25 April 2014 (MINA) – Laporan data statisk tahanan Plaestina mengungkapkan bahwa lebih dari 1400 tahanan Palestina  di penjara penjara Israel saat ini menderita karena pengabaian kesehatan dan buruknya perlakuan medis.

“Enam belas di antaranya dibiarkan lama terbaring di sebuah tempat di rumah sakit penjara ramla dengan kondisi medis yang sangat buruk dan menderita penyakit-penyakit mematikan seperti  penyakit struk yang memerlukan penanganan medis khusus,” kata laporan data statistik tahanan yang dikeluarkan oleh kementrian tahanan Palestina yang diterima MINA, Ahad.

Menurut data tersebut, 80 tahanan mengidap penyakit kronis, 25 diantaranya mengidap kanker dan puluhan lainya mengidap cacat baik itu cacat fisik maupun cacat mental.

Sementara itu yang lainnya membutuhkan operasi sesegera mungkin, namun dokter dari luar penjara dilarang mengunjungi dan memeriksa para pasien.

Banyak juga tahanan yang mengidap penyakit kejiwaan dan fisik yang disebabkan buruknya kondisi kehidupan dan tersebarnya serangga, gizi buruk, tidak adanya kebersihan, buruknya system ventilasi dan kelembapan, pencahayaan yang buruk, menumpuknya para tahanan di dalam ruangan sempit, ditambah dengan penangkapan sebagian tahanan setelah mengalami tembakan dari pihak keamanan zionis Israel, penyiksaan, pemukulan di bagian yang terluka selama investigasi dan memaksa para tahanan mengakui kesalahan mereka.

Tersebar pula penyakit kulit, infeksi dada, borok, tumor, gagalginjal, dan disc stroke, rematik dan nyeri tulang belakang dan tekanan, diabetes, visi miskin dan sakit gigi ditambah penyakit kejiwaan.

Para Tahanan yang sakit juga mengalami pelanggaran dan tekanan dimana tubuh mereka menjadi ajang uji coba para dokter dan perusahaan farmasi zionis israel.  (L/KJ/P015/R2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0