150 Ribu Jamaah Salat Idul Adha Padati Masjid Istiqlal

Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal Jakarta. Foto: Istimewa

 

Jakarta, MINA – Sekitar 150 ribu jamaah memadati Masjid Istiqlal Jakarta untuk melaksanakan salat Idul Adha 1438 Hijriyah, Jumat (1/9)  dengan imam salat Hasanudin Sinaga, dan Khatib Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin.

Salat Idul Adha dimulai pukul 07.00 WIB kemudian dilanjutkan khutbah dengan tema  ‘Idul Adha dan Semangat Rekonsiliasi Nasional’.

Juga hadir Wakil Presiden HM Yusuf Kalla, para menteri, perwakilan negara sahabat dan lain-lain.

“Umat Islam secara lahir dan batin akan terus menjadi pemeran utama terwujudnya rekonsiliasi nasional untuk bangsa yang kita cintai bersama,” kata Kamaruddin,. Mi’raj News Agency (MINA) melaporkan.

Menurutnya, refleksi keagamaan dan refleksi kebangsaan yang saling mendukung dan tidak mendegradasi harus bersinergi untuk mewujudkan cita-cita bersama.

Kamaruddin Amin menambahkan, Idul Adha sendiri memberikan pelajaran bagaimana hakekat beragama yakni patuh kepada Allah seperti kisah nabi Ibrahim dan Ismail yang pada saat ini diketahui sebagai berkurban sapi atau kambing.

Selain itu pelajaran lain yang bisa diambil adalah tentang memuliakan manusia dengan saling menjaga jiwa dan nyawa sebagai bagian dari misi khalifah di muka bumi.

“Ketiga dialog antara nabi Ibrahim dan nabi Ismail mengajarkan pola hubungan komunikasi antara orang tua dan anak. Anak adalah amanah,” katanya. (L/R08/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)