150 Ribu Warga Inggris Gelar Aksi Solidaritas Palestina

London, MINA – Hampir 150 ribu warga menggelar aksi damai solidaritas Palestina di jantung ibu kota Inggris, London, Ahad (16/5), menunjukkan kekecewaan mereka terhadap situasi di Gaza serta lingkungan Sheikh Jarrah serta kota-kota lain yang berada di bawah Otoritas Pendudukan Israel.

Para peserta ikut aksi damai menjawab seruan dari berbagai organisasi kemanusiaan diantaranya; Forum Palestina di Inggris (PFB), Kampanye Solidaritas Palestina (PSC), Sahabat Al-Alaqsa (FOA), Koalisi Hentikan Perang, dan Asosiasi Muslim Inggris (MAB). Palinfo melaporkan.

Mantan pemimpin Partai Buruh yang menjadi anggota parlemen Jeremy Corbyn berada di antara pembicara pada aksi solidaritas tersebut.

Ia mengungkapkan simpati dan kesedihannya untuk para korban agresi Israel di Gaza.

Duta Besar Palestina untuk Inggris Husam Zomlot mencatat, jumlah peserta yang sangat besar dalam unjuk rasa ini, merupakan jawaban bagi mereka yang meragukan dukungan opini publik dan solidaritas dengan rakyat Palestina.

Wakil Presiden PFB, Zahir Birawi, pada kesempatan peringatan ke-73 Nakbah, telah mengingatkan para peserta aksi damai tentang keterlibatan pemerintah Inggris sejak Deklarasi Balfour.

“Rakyat Palestina tidak akan memaafkan kejahatan ini jika pemerintah Inggris tidak meminta maaf dan berhenti mendukung negara teroris Israel,” katanya.

Presiden MAB Raghad Al-Tikriti menyampaikan tiga pesan untuk peserta unjuk rasa. Pesan pertama adalah ketahanan dan penghargaan untuk rakyat Palestina dan kekuatan mereka melawan salah satu tentara terkuat.

Pesan kedua adalah kepada pemerintah Inggris  mengkritik kebungkamannya yang memalukan meskipun kekejaman yang dilakukan oleh otoritas pendudukan Israel.

Sementara pesan ketiga adalah penghormatan kepada semua orang yang menjawab dan keluar untuk menunjukkan solidaritas mereka untuk Palestina dan mengecam tindakan ilegal dari otoritas pendudukan Israel, menekankan hak rakyat Palestina untuk hidup, melawan dan kembali.

Demonstrasi dimulai di Marble Arch dan berlanjut ke High Street Kensington di depan Kedutaan Besar Israel.

Sebuah aksi damai juga diadakan di Manchester dengan 5.000 peserta sebagai bentuk solidaritas dengan rakyat Palestina.

Mantan walikota Manchester Afzal Khan menekankan pentingnya mendukung perjuangan Palestina dan meminta pertanggungjawaban Inggris, secara moral dan hukum, terhadap rakyat Palestina dan menyerukan untuk mengakui secara resmi bahwa Palestina sedang diduduki.

Kota-kota lain di Inggris termasuk Birmingham dan Bradford mengadakan aksi damai serupa. (T/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)