160 PEMUKIM ISRAEL SERBU MASJID AL-AQSA

alray-ekstrimis
alray-ekstrimis
Foto:Alray

Yerusalem, 7 Sya’ban 1435/5 Juni 2014 (MINA)- Sebanyak 160 pemukim Israel, 30 diantaranya mahasiswa,  menyerbu pelataran Masjid Al-Aqsha dari Gerbang Mughrabi yang dilindungi oleh polisi Israel, Kamis (5/6).

Yayasan Al-Aqsa untuk wakaf dan zakat Mahmud Abu Al-Atta mengatakan, mereka menyerbu  pelataran Masjid Al-Aqsha dan mencoba untuk melakukan peribadatan di hadapan para jamaah Muslim yang menghalangi mereka  masuk,” katanya sebagaimana dilaporkan media pemberitaan Palestina Alray, yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Abu Atta menambahkan, Pemerintah Israel menyita lebih dari 40 kartu identitas para jamaah. Dia memperingatkan, merebaknya bentrokan  di Masjid Al-Aqsha terjadi akibat adanya seruan dari lembaga agama Yahudi untuk menghancurkan Masjid itu.

Beberapa bulan terakhir, kelompok ekstrimis pemukim Yahudi sering dikawal oleh pasukan keamanan Israel, setelah berulang kali berusaha masuk ke kompleks Al-Aqsha. Hal tersebut membuat warga Muslim Palestina marah dan  terkadang menyebabkan konfrontasi kekerasan.

Kehadiran para pemukim ekstrimis Yahudi dan tentara Israel secara intensif di Masjid Al-Aqsha terjadi setelah pembahasanan rancangan undang-undang Israel yang diusulkan para anggota parlemen ekstrimis Yahudi tentang pembagian waktu ibadah bagi jamaah Muslim dan Yahudi di kompleks situs tersuci bagi umat Islam dunia itu.

Hari-hari tertentu dalam sepekan akan hanya diberikan bagi orang-orang Yahudi dan pada saat  mereka melaksanakan ritualnya, kaum Muslim tidak akan diizinkan masuk ke kompleks Masjid Al-Aqsha.

Jika RUU ini disahkan, maka waktu yang diberikan bagi orang-orang Yahudi akan meningkat, sehingga membatasi waktu kunjungan bagi jamaah Muslim untuk melakukan ibadah terutama melaksanakan shalat Jum’at di kompleks Masjid Al-Aqsha.

Langkah itu melengkapi upaya Yahudisasi penuh di Kota Al-Quds dan Masjid Al-Aqsha di mana yayasan Al-Aqsha untuk Wakaf dan Warisan Islam melaporkan sebanyak 104 sinagog Yahudi  telah tersebar di sekitar lingkungan Masjid Al-Aqsha dan (T.Nidiya/EO2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://alray.ps/en/index.php?act=post&id=4644

Comments: 0